Kompas.com - 20/05/2014, 07:50 WIB
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Jumlah instalasi aplikasi Gmail untuk Android telah mencapai angka 1 miliar kali. Capaian itu diungkap oleh Head of Android Google, Sundar Pichai melalui halaman Google+ pribadinya.

"Senang rasanya melihat aplikasi Gmail di Android sudah melampaui 1 miliar instalasi," demikian ujar Pichai di halaman Google+ resminya.

Dengan capaian tersebut, Gmail menjadi satu-satunya aplikasi konvensional dalam Play Store yang mencapai jumlah download hingga 1 miliar.

Sejatinya, layanan Google Play Service yang terpasang secara default dalam perangkat Android Google, juga sudah melampaui jumlah yang sama pada Januari lalu. Namun layanan tersebut terpasang secara otomatis di Android 2.2 ke atas, bukan diunduh sendiri oleh pengguna.

Namun, menurut Android Police (12/5/2014), jumlah unduhan yang diklaim Google tersebut berasal dari akun unik, bukan jumlah perangkat atau unduhan dari satu individu.

Dengan demikian, aplikasi tersebut bukan berarti telah dipakai oleh 1 miliar pengguna, sebagian di antaranya adalah berasal dari akun duplikat atau yang lama tak digunakan.

Google sendiri melaporkan telah memiliki 425 juta pengguna aktif layanan Gmail pada tahun 2012 lalu. Angka tersebut kini pastinya semakin bertumbuh.

Gmail menjadi aplikasi email client utama dalam platform Android. Aplikasi ini juga dikabarkan sedang dirombak tampilannya oleh Google.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.