ProtonMail, Layanan Email yang Diklaim Anti-sadap

Kompas.com - 20/05/2014, 16:54 WIB
Layanan email anti sadap, ProtonMail dirilis dalam versi public beta ProtonMail.chLayanan email anti sadap, ProtonMail dirilis dalam versi public beta
|
EditorAditya Panji

KOMPAS.com - Sebuah perusahaan penyedia layanan email berbasis di Swiss mengklaim, layanan email milik mereka kebal terhadap penyadapan, bahkan oleh dinas intelijen Amerika Serikat sekali pun. Layanan itu diberi nama ProtonMail.

ProtonMail yang dibuat sejak 2013 oleh tim pengembang kecil dan sistem administrator lulusan Massachusetts Institute of Technology, Harvard University, Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir (CERN) dan institusi lainnya, mengembangkan layanan email ini dan sedang diuji coba.

Layanan tersebut kini bisa dinikmati dalam tahap beta. Pengguna bisa mulai membuat akun email ini dengan mengunjungi halaman resmi ProtonMail (https://protonmail.ch/).

Dikutip dari Phone Arena (18/5/2014), ProtonMail yang berbasis di Swiss (negara yang menjunjung tinggi undang-undang privasi bagi individu dan bisnis) menggunakan metode enkripsi end-to-end dan autentikasi ganda yang dibutuhkan untuk mengakses akun email.

Autentikasi dan enkripsi tersebut saling terpisah satu sama lain, sehingga ProtonMail sendiri mengklaim tidak bisa mendapatkan data penggunanya. Karena itu, bila pengguna lupa akan password deskripsinya, maka ia akan benar-benar kehilangan akun email beserta isinya.

Selain itu, karena ProtonMail tidak menyimpan data pengguna, maka pihaknya tidak bisa memberikan data apa pun kepada pemerintah jika sewaktu-waktu diminta. ProtonMail juga menjamin tingkat anonimitas penggunanya hingga 100 persen, termasuk tidak ada pelacakan IP.

ProtonMail bisa digunakan sebagaimana layanan email lain, di mana pengguna bisa mengirim email ke akun populer seperti Gmail dan Yahoo.

Yang menarik, layanan ProtonMail juga menawarkan fitur data email yang bisa "rusak" dan tidak bisa lagi terbaca dalam jangka waktu tertentu, seperti layanan pesan instan SnapChat.

ProtonMail bisa dicoba secara gratis. Akun ini menawarkan penyimpanan 100 MB dan 500 pesan per bulan untuk sebuah akun gratis. Akan ada opsi berbayar bagi yang ingin mendapatkan fitur dan kapasitas lebih.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X