Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BlackBerry Gelar Kompetisi Aplikasi "Kota Pintar"

Kompas.com - 20/05/2014, 17:15 WIB
Aditya Panji

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - BlackBerry kembali menggelar kompetisi pembuatan aplikasi di Indonesia, kali ini mengusung tema "Smart City Apps." Kompetisi ini diharap bisa melahirkan aplikasi mobile yang menjawab tantangan sehari-hari masyarakat Indonesia.

Dalam siaran pers yang diterima KompasTekno, BlackBerry menjelaskan bahwa kompetisi ini melombakan lima kategori aplikasi, yaitu kesehatan, pendidikan, pembayaran, pengelolaan bisnis, dan aplikasi untuk Jakarta.

Managing Director BlackBerry Indonesia, Maspiyono Handoyo berharap, aplikasi yang dihasilkan dari kompetisi ini dapat memberi kontribusi membuat kota-kota menjadi lebih baik untuk tinggal dan bekerja bagi masyarakat.

"Di saat yang bersamaan, hal ini membuka peluang baru dalam menjalankan bisnis, kesehatan dan layanan pendidikan. Kami mengundang pengembang aplikasi di Indonesia menggunakan kreativitas dan keahlian teknis untuk membuat aplikasi yang dapat membantu membuat kota-kota menjadi lebih cerdas," ujar Maspiyono.

Nah, bagi calon peserta yang tertarik mengikuti kompetisi ini, diwajibkan untuk memenuhi pedoman membangun aplikasi BlackBerry 10 dan memanfaatkan tampilan antarmuka sistem operasi tersebut.

Pemenang kompetisi Smart City Apps akan menerima total hadiah sebesar Rp 270 juta. Pemenang pertama dari masing-masing kategori menerima hadiah sebesar Rp 30 juta dan pemenang kedua akan menerima Rp 10 juta. Pemenang utama dari acara ini akan menerima hadiah tambahan sebesar Rp 70 juta.

Dalam menggelar kompetisi ini, BlackBerry bekerjasama dengan BlackBerry Innovation Center (BBIC) di Institut Teknologi Bandung (ITB).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com