Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iMessage Tak Mau Kirim Pesan, Apple Dituntut

Kompas.com - 20/05/2014, 17:58 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Ada bug aneh di aplikasi iMessage milik iPhone. Aplikasi yang bisa mengirim teks dalam format instant message (iMessage) dan SMS ini tak mau mengirim pesan ke pengguna iPhone yang beralih ke Android.

iMessage seharusnya mengirim pesan dalam bentuk SMS ke ponsel lain yang tidak menggunakan sistem operasi Apple. Namun aplikasi ini rupanya tidak bisa mengenali apabila (nomer ponsel) seseorang dalam daftar kontak sudah tak memakai iPhone lagi.

Teks pun dikirim dalam format pesan instan iMessage sehingga tak diterima oleh ponsel tujuan yang memang tidak memiliki aplikasi itu, meski pada ponsel pengirim terdapat status "delivered".

Akibat masalah pengiriman pesan ini, seorang perempuan warga Amerika Serikat yang merasa dirugikan melayangkan gugatan hukum class-action terhadap Apple.

Sebagaimana dilaporkan The Inquirer, perempuan bernama Adrienne Moore yang beralih dari iPhone ke perangkat Samsung tersebut menuding bahwa Apple sengaja tak mau memperbaiki bug iMessage untuk mencegah pengguna iPhone berpindah ke smartphone lain.

"Apple tak mengungkapkan bahwa pengguna akan mengalami gangguan apabila berpindah ke perangkat selain yang menjalankan sistem operasi Apple. Tuntutan ini didasarkan pada gangguan kontrak dan hukum persaingan tidak sehat," tulis Moore dalam gugatan yang diajukan lewat pengadilan San Jose itu.

Apple belum berkomentar mengenai gugatan hukum yang dilayangkan oleh Moore.

Produsen gadget ini minggu lalu telah mengakui adanya bug pada iMessage yang telah dikeluhkan pengguna sejak 2011. Namun, Apple mengatakan "tidak tahu" cara untuk memperbaikinya. Karena permasalahan berada pada tingkat device, pengguna tak punya pilihan lain kecuali menunggu solusi dari Apple.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com