iMessage Tak Mau Kirim Pesan, Apple Dituntut

Kompas.com - 20/05/2014, 17:58 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Ada bug aneh di aplikasi iMessage milik iPhone. Aplikasi yang bisa mengirim teks dalam format instant message (iMessage) dan SMS ini tak mau mengirim pesan ke pengguna iPhone yang beralih ke Android.

iMessage seharusnya mengirim pesan dalam bentuk SMS ke ponsel lain yang tidak menggunakan sistem operasi Apple. Namun aplikasi ini rupanya tidak bisa mengenali apabila (nomer ponsel) seseorang dalam daftar kontak sudah tak memakai iPhone lagi.

Teks pun dikirim dalam format pesan instan iMessage sehingga tak diterima oleh ponsel tujuan yang memang tidak memiliki aplikasi itu, meski pada ponsel pengirim terdapat status "delivered".

Akibat masalah pengiriman pesan ini, seorang perempuan warga Amerika Serikat yang merasa dirugikan melayangkan gugatan hukum class-action terhadap Apple.

Sebagaimana dilaporkan The Inquirer, perempuan bernama Adrienne Moore yang beralih dari iPhone ke perangkat Samsung tersebut menuding bahwa Apple sengaja tak mau memperbaiki bug iMessage untuk mencegah pengguna iPhone berpindah ke smartphone lain.

"Apple tak mengungkapkan bahwa pengguna akan mengalami gangguan apabila berpindah ke perangkat selain yang menjalankan sistem operasi Apple. Tuntutan ini didasarkan pada gangguan kontrak dan hukum persaingan tidak sehat," tulis Moore dalam gugatan yang diajukan lewat pengadilan San Jose itu.

Apple belum berkomentar mengenai gugatan hukum yang dilayangkan oleh Moore.

Produsen gadget ini minggu lalu telah mengakui adanya bug pada iMessage yang telah dikeluhkan pengguna sejak 2011. Namun, Apple mengatakan "tidak tahu" cara untuk memperbaikinya. Karena permasalahan berada pada tingkat device, pengguna tak punya pilihan lain kecuali menunggu solusi dari Apple.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.