Samsung Dominasi Pasar Smartwatch

Kompas.com - 21/05/2014, 09:57 WIB
Samsung Galaxy Gear Kompas.com/Hindra LiauwSamsung Galaxy Gear
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Samsung sudah menjadi pemain paling dominan di ranah smartphone, kini raksasa Korea tersebut turut menguasai pasaran wearable device jam tangan pintar.

Menurut laporan dari Strategy Analytics yang dikutip oleh Business Insider, jam tangan pintar Galaxy Gear perusahaan Korea itu mencatat angka pengkapalan sebesar 500.000 unit pada kuartal pertama 2014.

Jumlah pengkapalan tersebut mendudukkan Samsung pada urutan pertama penguasaan pasar smartwatch dengan pangsa sebesar 71 persen.

Angka yang tercatat hanya mencakup Galaxy Gear generasi pertama dari Samsung, belum termasuk Gear 2 dan Gear 2 Neo, dan Gear Fit yang baru memasuki pasaran sekitar April lalu.

"Pasar sangat terdorong oleh Samsung dan Galaxy Gear miliknya, yang mengalahkan semua pesaing besar seperti Motorola dan Pebble," tulis analis Strategy Analytics Neil Mawston.

Secara keseluruhan, sebanyak 700.000 jam tangan pintar alias smartwatch dikapalkan oleh para produsen gadget pada tiga bulan pertama 2014, atau naik 250 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Meski sudah "dimenangi" Samsung, "perang" smartwatch baru akan dimulai. Para produsen seperti LG dan Motorola sedang menyiapkan andalan baru berbasis sistem operasi Android Wear yang khusus dirancang untuk jam tangan pintar.

Selain itu, Apple kuat diduga bakal segera masuk ke pasar wearable device dengan produk bernama iWatch. Bisakah Samsung mempertahankan dominasinya?

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X