Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Dominasi Pasar Smartwatch

Kompas.com - 21/05/2014, 09:57 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Samsung sudah menjadi pemain paling dominan di ranah smartphone, kini raksasa Korea tersebut turut menguasai pasaran wearable device jam tangan pintar.

Menurut laporan dari Strategy Analytics yang dikutip oleh Business Insider, jam tangan pintar Galaxy Gear perusahaan Korea itu mencatat angka pengkapalan sebesar 500.000 unit pada kuartal pertama 2014.

Jumlah pengkapalan tersebut mendudukkan Samsung pada urutan pertama penguasaan pasar smartwatch dengan pangsa sebesar 71 persen.

Angka yang tercatat hanya mencakup Galaxy Gear generasi pertama dari Samsung, belum termasuk Gear 2 dan Gear 2 Neo, dan Gear Fit yang baru memasuki pasaran sekitar April lalu.

"Pasar sangat terdorong oleh Samsung dan Galaxy Gear miliknya, yang mengalahkan semua pesaing besar seperti Motorola dan Pebble," tulis analis Strategy Analytics Neil Mawston.

Secara keseluruhan, sebanyak 700.000 jam tangan pintar alias smartwatch dikapalkan oleh para produsen gadget pada tiga bulan pertama 2014, atau naik 250 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Meski sudah "dimenangi" Samsung, "perang" smartwatch baru akan dimulai. Para produsen seperti LG dan Motorola sedang menyiapkan andalan baru berbasis sistem operasi Android Wear yang khusus dirancang untuk jam tangan pintar.

Selain itu, Apple kuat diduga bakal segera masuk ke pasar wearable device dengan produk bernama iWatch. Bisakah Samsung mempertahankan dominasinya?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com