Apple Bukan Lagi Merek Paling Mahal di Dunia

Kompas.com - 22/05/2014, 11:32 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Berdasar pada survei yang dilakukan oleh firma peneliti pemasaran, Millward Brown, Google pada tahun 2014 berhasil mengalahkan dominasi Apple sebagai merek yang paling bernilai (Most Valuable Brand).

Apple sebelumnya memegang gelar tersebut selama tiga tahun berturut-turut, dari tahun 2011 hingga 2013. Studi yang dilakukan oleh Millward Brown adalah dengan mengkalkulasi nilai sebuah merek kemudian membuat peringkatnya.

Nilai dari merek Google sendiri ditaksir Millward Brown mencapai 158,8 juta dollar AS. Angka tersebut meningkat 40 persen dibanding tahun sebelumnya.

Sementara Apple, nilai brand-nya turun 20 persen dari tahun lalu hingga menjadi 147,8 juta dollar AS.

Penurunan valuasi merek tersebut menurut Millward Brown disebabkan karena persepsi publik yang menganggap Apple terlena atas dominasinya dan tidak menunjukkan inovasi yang berarti.

Di sisi lain, Google dinilai gencar membuat inovasi produk yang nonkonvensional, walau sebagian di antaranya belum dirilis ke pasar.

"Google telah melakukan banyak inovasi tahun lalu dengan membuat Google Glass, berinvestasi di teknologi artificial intelligence dan berinovasi dengan membawa sistem operasi Android ke dalam kabin mobil," demikian terang Nick Cooper, eksekutif Milward Brown, seperti dikutip dari The Verge (21/5/2014).

"Semua yang dilakukan Google tadi memberikan sinyal yang kuat kepada konsumen tentang apa yang akan mereka lakukan ke depannya, sementara kinerja Apple dilihat makin menurun," imbuh Cooper.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.