Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Joget di YouTube, 6 Orang Diciduk Polisi Iran

Kompas.com - 22/05/2014, 12:05 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber Mashable

KOMPAS.com - Enam orang warga negara Iran ditahan pihak kepolisian setempat. Gara-garanya, mereka mengunggah video tarian di YouTube saat mendengarkan lagu "Happy" milik artis Pharell Williams. Video itu pun beredar secara viral melalui berbagai akun jejaring sosial.

Video tarian mungkin bagi kebanyakan orang dianggap biasa saja. Namun dalam video tersebut, tiga orang perempuan (sisanya laki-laki) yang terdapat dalam video terlihat tidak mengenakan hijab (kerudung kepala).

Video wanita Iran yang sedang menari tanpa mengenakan hijab itu pun menjadi heboh dan beredar viral di negara tersebut. Sebagaimana diketahui, Iran merupakan negara yang menegakkan hukum syariat Islam, yang salah satunya mengatur agar kaum wanita harus mengenakan hijab di tempat-tempat umum.

Video tersebut menurut Mashable (20/5/2014), telah mendapat lebih dari 200 view di situs berbagi video YouTube. Walau video aslinya telah dibuat private, namun beberapa pengguna YouTube lain ada yang mengunggahnya kembali.

Menurut Negar Mortazavi, jurnalis berkewarganegaraan Iran yang tinggal di Washington D. C, video tersebut setidaknya melanggar tiga norma yang berlaku di negara tersebut, yaitu tidak mengenakan hijab, menari-nari di tempat umum, serta lelaki dan perempuan yang berkumpul bersama.

Berita penangkapan keenam pelaku video tarian itu pun disiarkan oleh televisi pemerintah Iran pada Selasa (20/5/2014). Pihak kepolisian juga menghimbau agar perilaku mereka seharusnya dihindari dan jangan ditiru.

Kabar penangkapan keenam warga Iran itu pun pun memicu dukungan moral dari kalangan netizen. Bentuk dukungan itu salah satunya diwujudkan melalui hashtag #FreeHappyIranians di Twitter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mashable
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com