Infrastruktur Penting AS Diserang Peretas

Kompas.com - 22/05/2014, 16:02 WIB
ilustrasi (Nikolaus Wogen/sxc.hu)ilustrasi
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com — Sejumlah infrastruktur layanan publik di Amerika Serikat (AS) pada Rabu (21/5/2014) dilaporkan dibobol oleh sekelompok peretas. Namun, serangan tersebut tidak sampai mengganggu operasi sejumlah layanan publik tersebut.

Reuters pada Rabu (21/5/2014) memberitakan bahwa Industrial Control Systems Cyber Emergency Response Team (ICS-CERT) menemui sejumlah serangan cyber atas berbagai layanan publik di AS.

"Terjadi pemboboloan, namun ICS-CERT bekerja sama dengan entitas yang terkait melakukan tindakan pencegahan, sehingga sistem kontrol bisa diamankan sebelum berimbas lebih buruk," demikian pernyataan pejabat dari Department of Homeland Security (DHS) kepada Reuters.

Menurut ICS-CERT, para peretas tersebut meluncurkan serangan melalui portal internet yang memungkinkan siapa saja bisa mengakses sistem kontrol. Sistem tersebut menggunakan mekanisme password yang bisa ditembus dengan teknik brute force, yaitu mencoba membobol dengan beragam kombinasi password.

ICS-CERT sendiri pada tahun lalu mencatat telah terjadi sekitar 256 serangan cyber terhadap sistem infrastruktur-infrastruktur penting di AS. Sebagian besar dari serangan tersebut menyasar sektor energi.

Beberapa metode yang sering dipakai para peretas antara lain membobol sistem melalui portal internet, menyuntikkan software berbahaya melalui flash disk, serta memanfaatkan kelemahan suatu software.

Jumlah serangan pada tahun 2013 menurut ICS-CERT meningkat dua kali lipat dibanding tahun sebelumnya, 2012. Namun sejauh ini, tidak ada satu pun insiden yang menyebabkan gangguan besar-besaran.



Sumber Reuters

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X