Kompas.com - 23/05/2014, 12:33 WIB
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - BBM Protected, salah satu fitur layanan eBBM bagi segmen korporat, telah dikembangkan BlackBerry sejak awal tahun ini. Layanan messaging yang diklaim super aman tersebut akan diluncurkan pada Juni 2014. Namun video bocoran tentang layanan ini telah beredar di internet.

Dalam acara BlackBerry Experience yang diselenggarakan di Washington, BlackBerry menunjukkan seperti apa layanan BBM Protected. Situs CrackBerry berhasil mendokumentasikan video saat BBM Protected didemokan di ajang tersebut.

Video tersebut bisa dilihat di kanal YouTube resmi CrackBerry, atau dengan klik tautan berikut ini.

BBM Protected diklaim BlackBerry sebagai layanan messaging paling aman, sebab mereka menggunakan metode enkripsi end-to-end, di mana setiap pesan yang dikirim dan diterima akan disandikan terlebih dahulu dengan metode acak.

Dengan data pesan yang terenkripsi secara end-to-end, jika sewaktu-waktu pesan disadap, maka peretas akan kesulitan dalam mengakses karena keduanya telah dienkripsi, dan menggunakan kode yang berbeda.

Metode enkripsi end-to-end kini semakin banyak digunakan untuk menambah keamanan data yang dikirim melalui jaringan internet. Selain layanan pesan instan, email juga salah satu yang memanfaatkannya.

BBM Protected diterangkan oleh BlackBerry menggunakan enkripsi cryptographic dan symetric yang sesuai dengan standar FIPS 140-2. Teknologi tersebut diklaim BlackBerry sebagai level enkripsi tertinggi yang dimiliki BBM saat ini

BBM Protected bisa dijalankan dengan smartphone BlackBerry 10 dan BlackBerry OS seperti biasa, tanpa membutuhkan pembaruan OS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Crackberry
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.