Akhir 2014, Lenovo Ramaikan Ponsel Windows Phone

Kompas.com - 24/05/2014, 12:10 WIB
Lenovo PETER PARKS/AFPLenovo
Penulis Aditya Panji
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Pada Februari lalu, Microsoft mengumumkan bahwa ekosistem Windows Phone akan didukung oleh produsen ponsel asal India dan Tiongkok, salah satunya Lenovo. Lenovo menjanjikan ponsel berbasis Windows Phone buatannya akan dirilis sebelum akhir tahun 2014.

Presiden Divisi Produk Ponsel Lenovo, Lui Jun, mengatakan bahwa ponsel itu akan berjalan dengan sistem operasi Windows Phone terbaru, yaitu versi 8.1.

Seperti dikutip dari situs teknologi MobileGeeks asal Jerman, besar kemungkinan Lenovo akan masuk ke segmen pasar menengah, dengan membuat ponsel berukuran layar 4,5 inci dan 5 inci yang memakai prosesor Qualcomm Snapdragon 400.

Dukungan Lenovo terhadap Windows Phone akan membuat Microsoft senang, karena Lenovo selama ini dikenal sebagai pemain baru yang agresif di bisnis ponsel pintar. Ponsel Lenovo juga populer di pasar Tiongkok yang notabene merupakan pasar penting bagi Microsoft.

Selama ini ponsel Windows Phone didominasi oleh merek Nokia. Produsen yang sebelumnya mendukung Windows Phone, termasuk Samsung dan HTC, hingga kini belum meluncurkan lagi ponsel terbaru berbasis Windows Phone. Keduanya fokus mengembangkan ponsel Android.

Sementara itu, Lenovo sedang berusaha memperkuat bisnis ponsel pintarnya dengan mengakuisisi Motorola Mobility dari Google. Perusahaan asal Tiongkok itu harus mengeluarkan dana 2,91 miliar dollar AS (sekitar Rp 35 triliun) untuk mendapatkan Motorola, namun saat ini masih menunggu restu dari regulator masing-masing negara.

Produk dan merek Motorola akan dimanfaatkan Lenovo untuk bersaing di pasar negara maju, termasuk Amerika Serikat yang merupakan negara asal Motorola.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X