Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Layar, Samsung Juga Mau Ikuti Apple?

Kompas.com - 26/05/2014, 16:17 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber GSM Arena
Diagram penjelasan dalam paten Apple mengenai aplikasi kristal safir pada gadget

KOMPAS.com - iPhone generasi ke-6 dari Apple ramai dikabarkan bakal mengusung layar yang dilapis bahan kristal safir anti gores.

Belum lagi hal ini dipastikan, muncul kabar bahwa Samsung, pabrikan Korea Selatan yang merupakan rival berat Apple, bakal melakukan hal serupa di produk smartphone buatannya.

Laporan tersebut muncul lewat situs Korea ETnews yang dikutip oleh GSM Arena. Samsung disebut sudah meminta sampel dari produsen kaca berbahan safir.

Selain Samsung, vendor lainnya, LG, juga disinyalir tertarik mengadopsi safir sebagai pelapis anti-gores di layar gadget.

Kedua produsen asal Korsel tersebut kabarnya sudah mulai melirik kristal safir sejak tahun lalu, namun mengurungkan niat memakainya karena ongkos produksi yang membengkak.

Kristal safir disebut-sebut memiliki ketahanan lebih tinggi terhadap goresan ketimbang material pelapis Gorilla Glass dari Corning yang banyak dipakai pada smartphone saat ini.

Namun, harganya juga lebih mahal. Corning sempat mengemukakan bahwa kristal safir tak cocok dipakai untuk layar gadget karena produksi yang sulit dan harga mahal.

Apple menjadi salah satu produsen pertama yang memakai kristal safir pada gadget, yakni sebagai elemen lensa kamera dan pelapis sensor sidik jari pada iPhone. Pabrikan ini juga telah mematenkan teknologi penerapan safir pada layar smartphone.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com