Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layar "Empat Kali", Bisakah Baterai Tetap Hemat?

Kompas.com - 28/05/2014, 12:11 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - LG telah mengumumkan G3, perangkat Android terbaru yang jadi andalan mereka. Salah satu fitur unggulannya adalah layar QuadHD, yang memiliki resolusi sekitar empat kali layar High Definition.

Masalahnya, makin tinggi resolusi layar, bukankah baterainya semakin boros?

James Marshall, Product Marketing, LG Europe, dalam peluncuran LG G3 di London, Rabu (28/5/2014) dini hari WIB, mengajukan pertanyaan yang sama. "Jika layar resolusi Full HD saja diperkirakan membutuhkan 10-20 persen daya lebih banyak, bagaimana dengan Quad HD?" tanyanya.

Menurut Marshall, LG telah memikirkan hal itu. Oleh karenanya, G3 menerapkan beberapa upaya penghematan baterai untuk mengimbangi resolusi layarnya. Sesuai dengan nama G3 yang mengandung angka tiga, Marshall menyebutkan tiga hal yang diterapkan LG: Adaptive Frame Rate, Adaptive Clocking dan Adaptive Timing Control.

Ketiga fitur itu akan mengatur konsumsi daya pada komponen-komponen di dalam LG G3  sesuai aktivitas pengguna. Misalnya, ujar Marshall, saat pengguna melihat gambar diam, konsumsi dayanya akan lebih rendah karena frame rate-nya diturunkan.

Termasuk yang diatur dalam fitur hemat daya itu adalah kecepatan prosesor (clock speed), yang diklaim akan menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Perangkat flagship LG itu juga memiliki kapasitas baterai yang cukup besar: 3000 mAh. Kapasitas yang besar ini salah satunya diharapkan bisa memenuhi kebutuhan dari layar QuadHD.

Menembus Batas 300 ppi?

Marshall sebelumnya berusaha meyakinkan pengunjung, dan mereka yang menyaksikan peluncuran itu melalui livestreaming, bahwa layar QuadHD akan terlihat bedanya di mata pengguna.

"Mata manusia sanggup kok melihat perbedaan pada resolusi layar di atas 300 ppi," tuturnya.

Hal ini sedikit banyak menyindir perkataan Steve Jobs saat meluncurkan iPhone 4 pada 2010, perangkat Apple pertama yang menggunakan Retina Display.

"Ternyata, ada angka ajaib di sekitar 300 pixel per inci, saat Anda melihat sesuatu berjarak 10-12 inci dari mata, ini adalah batas retina manusia mampu melihat perbedaan pixelnya," kata mendiang Jobs.

Nah, layar LG G3 memiliki resolusi kurang lebih 500 ppi (538 ppi), cukup besar bedanya dibandingkan 'angka ajaib' 300 ppi itu. Menurut Marshall, perbedaannya bisa terlihat oleh pengguna.

Resolusi yang padat itu, ujar Marshall, dimungkinkan dengan mengecilkan ukuran pixel kurang lebih 44 persen, jika dibandingkan dengan layar Full HD. Dengan memakai teknologi layar IPS, ia mengklaim perangkat itu memiliki 11 juta sub-pixel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com