Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Twitter Masih Jauh dari 1 Miliar Pengguna

Kompas.com - 28/05/2014, 17:27 WIB
Aditya Panji

Penulis

KOMPAS.com — Pengguna media sosial Twitter diprediksi masih jauh dari angka 1 miliar. Perusahaan konsultan periklanan digital eMarketer memprediksi, Twitter akan memiliki kurang dari 400 juta pengguna global pada tahun 2018, sebagian besar di Asia, Amerika Latin, dan Timur Tengah.

Studi eMarketer ini memproyeksi pertumbuhan pengguna Twitter akan mengalami kejenuhan di pasar negara maju dalam waktu lima tahun mendatang.

Pada 2018, pertumbuhan pengguna Twitter di Amerika Serikat dan Jepang akan menurun, masing-masing 6,4 persen dan 6,1 persen. Sementara itu, jumlah pengguna globalnya hanya mencapai 386,9 juta.

Kendati demikian, Twitter punya potensi besar di negara berkembang dengan pertumbuhan terbesar di Asia. India dan Indonesia akan menempati peringkat ketiga dan keempat sebagai negara dengan jumlah pengguna Twitter terbesar.

Studi eMarketer menilai, pertumbuhan pengguna Twitter di India bisa mencapai 60 persen pada 2014 ini karena media sosial 140 karakter itu memainkan peran penting sebagai alat kampanye pemilihan umum.

Twitter tidak memiliki basis pengguna yang besar di Tiongkok lantaran pemerintah setempat melarang pemakaiannya. Facebook juga dilarang oleh Pemerintah Tiongkok.

CEO Twitter Dick Costolo pada Maret lalu sempat bertemu mengunjungi beberapa pejabat pemerintah daerah, tetapi menurut sejumlah laporan, pemerintah setempat tidak menanggap penting kunjungan Costolo.

Twitter saat ini masih bergulat dengan pertumbuhan pengguna yang stagnan dalam dua kuartal terakhir. Rata-rata pengguna aktif bulanannya mencapai 255 juta pada 31 Maret 2014, atau tumbuh 25 persen dari tahun ke tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com