Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyanyi Rap Dr. Dre Gabung dengan Apple

Kompas.com - 29/05/2014, 16:05 WIB
Aditya Panji

Penulis

Sumber The Verge
KOMPAS.com - Apple telah mengumumkan rencana mengakuisisi produsen perangkat audio Beats Electronics, Rabu (28/5/2014). Akuisisi ini juga membawa dua pendiri Beats, Dr. Dre dan Jimmy Iovine, bergabung dalam perusahaan Apple.

CEO Apple Tim Cook, mengakui bahwa salah satu alasan mereka mengakuisisi Beats, adalah mengincar sumber daya "kreatif" seperti Dre dan Iovine. "Mereka akan datang dengan fitur yang menggebrak pikiran Anda," kata Cook seperti dikutip dari The New York Times.

Namun, hingga kini belum jelas apa yang akan dilakukan Dre dan Iovine di perusahaan itu. Nampaknya, keduanya akan terus bekerja mengembangkan proyek Beats.

Cook meyakinkan ada banyak hal yang bisa dilakukan Apple dan Beats di masa depan. "Intinya adalah bahwa Jimmy dan Dre telah membangun sesuatu yang fenomenal. Dan mereka memiliki keterampilan fenomenal," ujarnya kepada Recode.

Dre adalah penyanyi dan produser musik rap, sementara Iovine adalah CEO perusahaan rekaman Interscope. Keduanya membangun Beats pada 2006 dan pada tahun 2012, produk Beats menguasai 64 persen pasar di Amerika Serikat untuk headphone dengan harga di atas 100 dollar AS, menurut data NPD Group.

Perusahaan yang mengusung logo huruf "b" kecil ini telah menjadi organisasi yang menguntungkan. Pendapatan mereka tumbuh lima kali lipat antara tahun 2010 sampai 2012. Tahun 2013 lalu, perusahaan ini meraih pendapatan lebih dari 1 miliar dollar AS.

Musik bagi Apple merupakan bagian penting dari kehidupan manusia dan mendapat tempat khusus di Apple. Akuisisi ini diharapkan dapat memperkuat tim musik di perusahaan tersebut guna menciptakan inovasi di masa mendatang.

Kabar pembelian Beats oleh Apple pertama kali tersiar pada 8 Mei 2014. Apple harus mengeluarkan dana 3 miliar dollar AS, dengan rincian 2,6 miliar dollar berbentuk tunai dan 400 juta dalam bentuk saham.

Rencananya, akuisisi ini akan diselesaikan pada akhir 2014 setelah keduanya mendapatkan restu dari regulator di Amerika Serikat.

Beats Electronic Posting Instagram akun resmi Beats Electronic setelah pengumuman resmi rencana akuisisi oleh Apple.
Apple dan Beats akan terpisah

Selanjutnya, perangkat audio Beats dan layanan Beats Music akan berada di bawah asuhan Apple. Namun, Apple dan Beats akan tetap menjadi dua merek dagang terpisah, termasuk iTunes Radio dan Beats Music yang akan saling bersaing.

Kedua layanan ini akan menjadi andalan Apple dalam industri musik, karena saat ini layanan streaming musik berlangganan sedang tumbuh. Beats Music sendiri diklaim telah memiliki 200.000 pengguna berkat pemasaran besar-besaran dan menjalin kemitraan dengan operator telekomunikasi.

Setelah akuisisi ini selesai, Iovine akan meninggalkan posisinya sebagai CEO di perusahaan rekaman Interscope, di mana ia telah bertugas selama 25 tahun.

Pada 2011 lalu, saham Beats Audio sempat dibeli sebanyak 50,1 persen oleh produsen ponsel pintar HTC asal Taiwan senilai 300 juta dollar AS. Kedua perusahaan berkolaborasi menerapkan produk audio pada sejumlah model ponsel Android HTC.

Namun, kerja sama tersebut gagal membuahkan nilai tambah berarti hingga pada September 2013 lalu HTC menjual kembali seluruh saham Beats yang dimilikinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com