Kompas.com - 30/05/2014, 08:10 WIB
Penulis Aditya Panji
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Ponsel pintar iPhone akan bisa menjadi alat untuk mengendalikan rumah pintar. Apple dilaporkan sedang mengembangkan peranti lunak yang memungkinkan iPhone mengontrol pencahayaan rumah, sistem keamanan, dan peralatan lainnya.

Menurut laporan Financial Times, Senin (26/5/2014), peranti lunak dan detail cara pemakaiannya akan diumumkan oleh Apple dalam acara Worldwide Developer Conference, 2 Juni mendatang. Fitur tersebut akan hadir dalam sistem operasi iOS 8.

Peralatan rumah tangga sedang menjadi incaran produsen teknologi agar membuat mereka dapat terhubung dengan perangkat mobile. Produsen seperti Samsung dan LG, misalnya, telah membuat produk mesin cuci dan lemari pendingin cerdas.

Peralatan rumah tangga itu dapat dikontrol dari jarak jauh. Untuk lemari pendingin cerdas, pengguna dapat mengetahui bahan makanan apa saja yang tidak tersedia, sehingga mereka bisa segera belanja untuk memenuhi kebutuhan.

Apple sendiri sedang memperluas pemakaian iOS di berbagai industri. Perusahaan yang berbasis di Cupertino, California, Amerika Serikat, telah meluncurkan fitur CarPlay yang menghubungkan ponsel dengan sistem multimedia di mobil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.