Apple: iTunes dan Beats Tetap Terpisah

Kompas.com - 30/05/2014, 11:03 WIB
Produk headphone buatan Beats Electronics AP PhotoProduk headphone buatan Beats Electronics
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com — Apple telah resmi mengakuisisi Beats. Selanjutnya, Beats disebut Apple akan bekerja terpisah, tetapi paralel dengan layanan musiknya yang ada saat ini, iTunes.

"Dengan akuisisi Beats, maka menjadikan layanan musik kami menjadi lebih baik," terang Apple SVP and iTunes Head Eddy Cue seperti dikutip dari Tech Crunch (28/5/2014).

Selain itu, Cue juga menjelaskan, nantinya konsumen Apple selain bisa melakukan streaming dengan iTunes Radio, juga bisa berlangganan layanan musik Beats, atau membeli musik dari iTunes Store.

Dengan demikian, Apple tidak ingin membuat konsumennya saat ini kaget dengan mengganti model pembelian download musik yang ada saat ini, dan digantikan dengan layanan streaming.

Alih-alih, konsumen yang baru mencoba layanan streaming juga akan memiliki opsi lain dari Apple, jika mereka ingin mengoleksi file musik digital, mereka tetap bisa membelinya dari iTunes.

Jumlah unduhan musik digital sendiri tahun ini diprediksi akan menurun, sementara streaming akan booming. Survei yang dilakukan lembaga Nielsen juga menunjukkan penjualan musik digital turun 6 persen pada tahun 2013.

Bahkan, jumlah penurunan itu makin besar jika membandingkan penjualan musik digital pada kuartal 1 2013 dengan periode yang sama pada tahun 2014, yaitu sebesar 13,3 persen.

Di sisi lain, layanan streaming musik justru tumbuh 32 persen pada tahun 2013. Jadi, penjualan musik digital sudah mulai akan ditinggalkan, sementara streaming mulai digandrungi.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X