Kompas.com - 30/05/2014, 14:41 WIB
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Sejumlah pengguna Facebook di Thailand melaporkan tidak bisa mengakses akun Facebook-nya pada Rabu (28/5/2014). Kuat diduga, militer Thailand yang berada di balik pemblokiran tersebut.

Sebelumnya diberitakan, militer Thailand mengancam bakal memblokir media sosial di negeri tersebut apabila dipakai publik untuk mengkritik para pemimpin militer atau menyebarkan huru-hara, menyusul kudeta yang dilakukan pada minggu lalu.

Menurut The Wall Street Journal (28/5/2014), Facebook tidak bisa diakses di hampir semua web browser atau perangkat mobile pada Rabu sore, sekitar pukul 15.30 waktu setempat. Sekitar 90 menit kemudian, beberapa pengguna mengatakan bisa mengakses, namun sebagian lain tetap tidak bisa, terutama pengguna mobile.

Juru bicara Angkatan Darat Thailand, Winthai Suvaree mengatakan ketidakmampuan pengguna mobile mengakses Facebook itu disebabkan karena gangguan teknis. Suvaree juga mengatakan jika Kementerian Teknologi Informasi dan Komunikasi Thailand sedang memperbaikinya.

"(Facebook) akan bisa kembali diakses tak lama lagi, kami tidak memerintahkan untuk memblokirnya," ujar Suvaree.

Sementara perwakilan Facebook mengatakan, perusahaannya sedang mendalami permasalahan tersebut dan belum bisa berkomentar. Di Thailand sendiri terdapat sekitar 25 juta pengguna Facebook terdaftar hingga saat ini.

Situs lain seperti Gogle, YouTube, dan aplikasi berbagi foto Instagram dilaporkan The Wall Street Journal tetap beroperasi secara normal.

Selain itu, layanan pesan instan seperti Line dan WhatsApp juga tetap bekerja secara normal. Juru bicara Line mengatakan bahwa pihak yang berwenang di Thaland belum menghubungi mereka tentang rencana pemblokiran pengguna individu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.