Kompas.com - 01/06/2014, 08:45 WIB
Penulis Aditya Panji
|
EditorOik Yusuf
KOMPAS.com - Pendiri dan CEO Facebook Mark Zuckerberg, bersama istrinya, Priscilla Chan, menyumbangkan dana 120 juta dollar AS atau sekitar Rp 1,4 triliun untuk sekolah-sekolah di sekitar teluk San Francisco, California, Amerika Serikat.

Dana tersebut akan diberikan secara bertahap dalam lima tahun mendatang. Pada tahap pertama, akan dikeluarkan dana 5 juta dollar AS untuk sekolah di distrik Ravenswood dan Redwood City. Tahap ini fokus pada pelatihan kelas teknologi bagi siswa kelas delapan dan sembilan.

Zuckerberg dan Chan mengaku telah berkomunikasi dengan pengelola sekolah dan pemimpin setempat, untuk menentukan kebutuhan mendesak macam apa yang dibutuhkan sebuah sekolah.

"Pendidikan sangat mahal, dan ini adalah setetas air dalam sebuah ember. Apa yang kita coba lakukan adalah mempercepat perubahan dengan menjelajahi dan mempromosikan pengembangan intervensi baru dan model baru," ujar Chan seperti dikutip dari The Wall Street Journal.

Zuckerberg mengakui bahwa ia dan para pemimpin setempat bisa melakukan pekerjaan yang lebih baik melibatkan masyarakat dan meminta ide-ide tentang bagaimana harus menggunakan dana tersebut dengan efektif.

Empat tahun lalu, Zuckerberg juga sempat menyumbangkan 100 juta dollar AS untuk sekolah umum di Newark, New Jersey.

Salah satu hasil positif dari program itu adalah, memberikan bonus gaji berbasis kinerja kepada guru terbaik di distrik. Hal ini dilakukan Zuckerberg untuk lebih menghargai jasa guru karena memiliki tanggung jawab besar dalam mendidik murid.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.