Headset VR Samsung Dikembangkan Bersama Oculus?

Kompas.com - 01/06/2014, 10:25 WIB
Menjajal headset VR Occulus Rift oik yusuf/ kompas.comMenjajal headset VR Occulus Rift
Penulis Aditya Panji
|
EditorOik Yusuf
Menjajal headset VR Occulus Rift

KOMPAS.com - Samsung kabarnya sedang menyiapkan sebuah virtual reality (VR) headset untuk gadget mobile. Kini, sebuah laporan terbaru yang muncul lewat Engadget menguak informasi lebih lanjut tentang detil pembuatan perangkat tersebut.

Disebutkan bahwa Samsung menggandeng Oculus untuk keperluan pengembangan headset VR. Perusahaan ini merupakan pembuat headset VR bernama Rift yang diakuisisi Facebook senilai Rp 22,3 triliun pada akhir Maret lalu.

Kedua pihak akan mengembangkan aspek-aspek berbeda dari headset VR bersangkutan. Samsung menangani perangkat keras sementara Oculus mengerjakan software yang diperlukan.

Kerjasama tersebut juga melibatkan pertukaran teknologi antar kedua perusahaan. Samsung mendapat akses ke kit pengembangan software milik Oculus sementara Oculus bisa menggunakan layar OLED resolusi tinggi dari Samsung pada headset VR buatannya.

Headset VR hasil kolaborasi Samsung dan Oculus disebutkan bakal berupa perangkat yang dihubungkan ke smartphone melalui sebuah kabel, mungkin micro-USB.

Tampilan layar smartphone bakal dipindahkan ke perangkat headset VR yang memiliki accelerometer sendiri sehingga bisa mendeteksi pergerakan kepala pengguna di alam virtual reality. Kamera belakang pada smartphone bisa digunakan untuk menangkap video yang diteruskan ke headset VR.

Di samping itu, ada pula tombol-tombol navigasi ala Android, yaitu "Home", "Back", dan "Recent Apps" sehingga pemakai headset VR bisa mengendalikan smartphone lewat alat tersebut.

Masih belum diketahui kapan headet VR dari Samsung dan Oculus ini akan benar-benar terwujud. Pengembangannya disebutkan masih berada dalam tahap awal, namun sejumlah produk versi developer kit sudah dibuat untuk keperluan demonstrasi.



Sumber ENGADGET
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X