Orang Indonesia "Juara Dunia" Pandangi Ponsel Pintar

Kompas.com - 02/06/2014, 08:28 WIB
Ilustrasi komputer jinjing atau laptop ShutterstockIlustrasi komputer jinjing atau laptop
Penulis Aditya Panji
|
EditorWicak Hidayat
JAKARTA, KOMPAS.com - Penduduk Indonesia menduduki posisi puncak dalam hal pemakaian produk teknologi berlayar dengan rata-rata 9 jam per hari. Ponsel pintar adalah produk berlayar yang paling sering digunakan penduduk Indonesia.

Pernyataan tersebut merupakan data survei Millward Brown AdReaction yang dikutip dalam presentasi “Internet Trends 2014" oleh Mary Meeker, seorang analis dari Kleiner Perkins Caufield & Byers. Survei ini melakukan survei terhadap penduduk berusia 16 sampai 44 tahun di 30 negara.

Menurut survei, sehari-hari penduduk Indonesia menghabiskan 540 menit (9 jam) memakai produk teknologi berlayar dengan rincian 132 menit mengakses televisi, 117 menit mengakses perangkat komputer, 181 menit ponsel pintar dan 110 menit memakai tablet.

Jika pemakaian keempat perangkat itu digabungkan, penduduk Indonesia adalah yang paling sering berinteraksi dan menghabiskan waktunya dengan produk teknologi berlayar.

Negara-negara berkembang terlihat mendominasi daftar ini. Setelah Indonesia, di posisi dua hingga lima ditempati oleh Filipina dengan 8,85 jam per hari untuk kegiatan yang sama, Tiongkok 7,98 jam, Brasil 7,9 jam, dan Vietnam 7,76 jam.

Amerika Serikat berada di posisi enam dengan waktu interaksi dengan perangkat berlayar selama 7,4 jam per hari.

Untuk pemakaian televisi, penduduk di Inggris dan Amerika Serikat tercatat paling unggul dengan waktu masing-masing 148 menit dan 147 menit per hari.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penduduk Tiongkok tercatat paling sering berinteraksi dengan perangkat komputer yaitu 161 menit per hari. Sementara penduduk Filipina paling sering berinteraksi dengan tablet yaitu 115 menit per hari.

Situs teknologi DailySocial mencatat, survei ini menegaskan tingginya minat penggunaan perangkat elektronik berlayar, terutama yang berkaitan dengan konsumsi internet di negara-negara berkembang.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.