Jelang Piala Dunia, Hati-hati Unduh Aplikasi Mobile

Kompas.com - 02/06/2014, 16:12 WIB
Seorang perempuan bermain sepak bola di depan grafiti yang dibuatr artis lokal Acme, di  Pavao-Pavaozinho, 8 Mei 2014. FIFA.com Mario TamaSeorang perempuan bermain sepak bola di depan grafiti yang dibuatr artis lokal Acme, di Pavao-Pavaozinho, 8 Mei 2014.
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Empat tahun sekali, demam sepakbola melanda seluruh dunia dengan selenggarakannya ajang Piala Dunia FIFA di bulan Juni-Juli. Demam bola itu juga melanda dunia aplikasi mobile.

Banyak aplikasi-aplikasi yang berbau sepakbola atau Piala Dunia yang dirilis di toko aplikasi Android, Google Play Store, utamanya adalah game. Namun, pengguna harus tetap waspada terhadap aplikasi-aplikasi seperti itu.

Menurut perusahaan antivirus Avast, beberapa aplikasi dengan tema sepakbola yang saat ini beredar di Play Store mengumpulkan informasi yang terlalu banyak dan sebenarnya tidak dibutuhkan, bahkan menurut Recode (1/6/2014), sebagian di antaranya tidak realistis.

Aplikasi-aplikasi yang dijumpai Avast antara lain Corner Kick World Cup 2014 yang ukurannya kurang dari 1 MB. Alih-alih menyajikan game, aplikasi tersebut hanya menampilkan iklan.

Aplikasi mencurigakan lain adalah FIFA 2014 Free - World Cup yang terintsall dengan nama yang berbeda, "widereceiverfree." Aplikasi itu menanyakan informasi yang tidak ada kaitannya dengan fungsi aplikasi, seperti informasi lokasi, call log, dan akun lain dalam smartphone.

Dalam postingan di blog resminya, Avast menyajikan beberapa tips cara menghindari aplikasi palsu. Diantaranya adalah mengunduh aplikasi resmi yang terpercaya, membandingkan fungsi aplikasi dengan akses yang diminta, serta membaca komentar pengguna.

Tidak semua aplikasi game sepakbola di Play Store itu palsu, namun pengguna perlu melakukan review sebelum mengunduhnya.

Banyak pula aplikasi-aplikasi resmi Piala Dunia di Google Play Store yang bisa dicari. Salah satunya adalah dari FIFA sendiri, yang menyajikan beragam informasi tentang Piala Dunia 2014 Brasil.

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X