Kompas.com - 02/06/2014, 16:29 WIB
Penulis Aditya Panji
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Setelah menggunakan sistem operasi Tizen di kamera dan jam tangan pintar, Samsung akhirnya memanfaatkan sistem operasi tersebut untuk ponsel pintar.

Samsung Z merupakan ponsel pintar pertama yang berbasis Tizen buatan Samsung. Ponsel ini jadi debut pertama Samsung untuk bersaing dengan Google Android dan Microsoft Windows Phone.

Perusahaan asal Korea Selatan itu menyebut Samsung Z sebagai perangkat premium, dengan layar 4,8 inci resolusi 720p jenis AMOLED, prosesor quad-core 2,3GHz, dan kamera 8 megapixel. Samsung juga menyematkan fitur pemindai sidik jari seperti yang ada di ponsel premium Galaxy S5.

Samsung mengklaim Tizen memberikan kinerja yang cepat, optimal dalam manajemen memori, waktu startup yang cepat, dan akan segera diberi kemampuan multi-tasking.

Namun, jika dibandingkan dengan platform kompetitornya, Tizen belum punya ekosistem aplikasi yang besar seperti Android. Ini merupakan tantangan terbesar bagi Samsung dan para pendukung sistem operasi Tizen.

Samsung akan menjawab tantangan itu dengan menggelar konferensi pengembang aplikasi Tizen di San Francisco, California, AS, pekan ini.

Rencananya, Samsung Z akan dipasarkan pada kuartal ketiga 2014 di Rusia, lalu dilanjutkan ke negara lain beberapa saat kemudian.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.