Apple Kenalkan OS X Yosemite

Kompas.com - 03/06/2014, 05:25 WIB
Apple Worldwide Developer Conference 2014 AppleApple Worldwide Developer Conference 2014
Penulis Aditya Panji
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Dalam gelaran Worldwide Developer Conference 2014, Apple memperkenalkan OS X terbarunya yang diberi nama Yosemite. Tampilan OS X Yosemite itu sedikit banyak mengadopsi tampilan iOS 7, yang mulai mengedepankan "flat design".

Dalam presentasi dan demo yang dilakukan Apple di Moscone Center, Senin (2/6/2014) waktu setempat, tampak beberapa perubahan pada sistem operasi untuk Macintosh tersebut.

Misalnya, Apple banyak menunjukkan lapisan translucent di Finder dan Dock. Selain itu, ada juga dark mode untuk menu, yang akan menampilkan menu dengan latar gelap dan teks putih.

Salah satu perubahan besar ada pada Notification Center yang kini memiliki Today View, yaitu sebuah tampilan yang menunjukkan hal-hal apa saja yang perlu diketahui pengguna hari ini. Mirip dengan tampilan pada iOS. Developer dikatakan akan bisa mengembangkan widget untuk Today View.

Hal lain yang juga berubah cukup drastis adalah Spotlight. Fitur pencarian yang tadinya hanya nangkring di sudut layar itu kini dipindahkan posisinya ke tengah layar dan ukurannya jadi cukup besar.

Saat pencarian dilakukan, hasilnya akan muncul segera di bawah Spotlight bar itu. Termasuk pencarian ke web, entry di Wikipedia, pesan email dan lain-lain yang sesuai dengan apa yang dicari.

Perubahan juga diterapkan di aplikasi Mail. Selain tampilan yang berubah, sebuah fitur bernama Mail Drop diperkenalkan Apple. Fitur ini memungkinkan pengguna mengirimkan file berukuran besar, hingga 5GB, tanpa takut layanan e-mail penerima menolaknya karena ukuran attachment yang terlalu besar. Jika "ditolak", Mail Drop akan otomatis menempatkan file itu di server dan mengirimkan tautannya ke penerima.

Apple saat ini memiliki sekitar 80 juta pengguna OS X Maverick (terbaru yang ada di pasaran). Tingkat adopsinya mencapai 51 persen dari seluruh pengguna Mac.

Tim Cook, CEO Apple, dalam gelaran itu membandingkannya dengan Windows 8 yang disebut hanya memiliki tingkat adopsi sekitar 14 persen saja.

OS X Yosemite (OS X 10.10) melanjutkan tradisi baru Apple menggunakan penamaan dari nama tempat, yang dimulai sejak OS X Mavericks. Sebelum itu OS X menggunakan nama kucing besar, seperti OS X Tiger, OS X Lion atau OS X Mountain Lion.

OS X Yosemite juga melanjutkan tradisi baru Apple untuk menggratiskan OS X bagi penggunanya saat ini. Untuk 2014 ini, Apple bahkan memulai tradisi baru berupa Public Beta, artinya pengguna biasa bisa mengunduh OS X Yosemite versi Beta (belum selesai).

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X