iOS 8 Hadirkan Fitur Baru

Kompas.com - 03/06/2014, 06:34 WIB
Remaja mengecek ponsel mereka 32 kali sehari. BBCRemaja mengecek ponsel mereka 32 kali sehari.
Penulis Aditya Panji
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Dalam gelaran Worldwide Developer Conference 2014, Apple memperkenalkan iOS versi terbaru, iOS 8.

Sistem operasi mobile dari Apple itu mengalami beberapa perubahan menarik. Salah satunya, pengguna kini bisa melakukan interaksi pada notifikasi yang muncul, tanpa perlu membuka aplikasi yang bersangkutan.

Dalam demo di acara tersebut, pesan teks yang muncul di atas layar bisa langsung dibalas dengan menarik notifikasi itu ke bawah.

Hal lain yang menarik, pencarian lewat Spotlight di iOS 8 akan menampilkan hal-hal terkait dari halaman web, saran aplikasi yang belum dimiliki pengguna, artikel di Wikipedia dan lainnya.

Apple juga memperbarui keyboard di iOS 8 dengan fitur bernama Quicktype. Fitur ini sedikit banyak mengingatkan pada aplikasi Swiftkey yang cukup populer di platform lain.

Aplikasi Message untuk iOS 8 pun diperbarui oleh Apple agar memiliki fitur yang biasanya hanya dimiliki aplikasi pesan instan seperti WhatsApp. Salah satunya adalah Group Messaging yang kini bisa diberi judul layaknya grup di WhatsApp.

Secara umum, perubahan pada iOS 8 berupa penambahan fitur yang diharapkan akan berguna bagi pemakai iPhone dan iPad. Sedangkan iOS 7, yang muncul tahun lalu, lebih dominan pada perubahan desain.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X