Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iOS 8 Hadirkan Fitur Baru

Kompas.com - 03/06/2014, 06:34 WIB
Aditya Panji

Penulis

KOMPAS.com - Dalam gelaran Worldwide Developer Conference 2014, Apple memperkenalkan iOS versi terbaru, iOS 8.

Sistem operasi mobile dari Apple itu mengalami beberapa perubahan menarik. Salah satunya, pengguna kini bisa melakukan interaksi pada notifikasi yang muncul, tanpa perlu membuka aplikasi yang bersangkutan.

Dalam demo di acara tersebut, pesan teks yang muncul di atas layar bisa langsung dibalas dengan menarik notifikasi itu ke bawah.

Hal lain yang menarik, pencarian lewat Spotlight di iOS 8 akan menampilkan hal-hal terkait dari halaman web, saran aplikasi yang belum dimiliki pengguna, artikel di Wikipedia dan lainnya.

Apple juga memperbarui keyboard di iOS 8 dengan fitur bernama Quicktype. Fitur ini sedikit banyak mengingatkan pada aplikasi Swiftkey yang cukup populer di platform lain.

Aplikasi Message untuk iOS 8 pun diperbarui oleh Apple agar memiliki fitur yang biasanya hanya dimiliki aplikasi pesan instan seperti WhatsApp. Salah satunya adalah Group Messaging yang kini bisa diberi judul layaknya grup di WhatsApp.

Secara umum, perubahan pada iOS 8 berupa penambahan fitur yang diharapkan akan berguna bagi pemakai iPhone dan iPad. Sedangkan iOS 7, yang muncul tahun lalu, lebih dominan pada perubahan desain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com