6 Hal Baru di OS X Yosemite

Kompas.com - 03/06/2014, 08:35 WIB
Apple memperkenalkan OS X Yosemite dalam Worldwide Developer Conference 2014. TheVergeApple memperkenalkan OS X Yosemite dalam Worldwide Developer Conference 2014.
Penulis Aditya Panji
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Dalam gelaran Worldwide Developer Conference (WWDC) 2014, Apple memperkenalkan OS X terbarunya yang diberi nama Yosemite. Apa saja yang baru dari sistem operasi itu?

Setidaknya, ada enam hal baru yang bisa digarisbawahi dari sistem operasi OS X 10.10 alias Yosemite:

1. Tampilan Baru

Apple melakukan perubahan besar pada OS X dengan mengadopsi gaya iOS. Kesan "flat design" dan panel translucent tampak mendominasi OS X Yosemite, belum lagi hilangnya berbagai gradien dan tekstur dan prinsip desain skeuomorphism yang biasanya ramai menghiasi OS X.

TheVerge
Notification Center di OS X Yosemite mengalami perubahan, makin mirip dengan fitur serupa di iOS.
2. Widget dan Notifikasi

Sidebar Notification Center, yang diperkenalkan sejak OS X Mountain Lion, turut mengalami perubahan. Fitur ini makin mendekati gaya fitur serupa di iOS, termasuk adanya tampilan "Today" yang menunjukkan agenda dari Calendar, ramalan cuaca, pengingat dan lain-lain. Termasuk, Apple membuka wilayah ini untuk aplikasi widget pihak ketiga.

TheVerge
Craig Federighi, senior vice president of Software Engineering, Apple, menjelaskan fitur baru Spotlight dalam Worldwide Developer Conference 2014.
3. Spotlight

Spotlight kini dipindahkan ke tengah layar. Kegunaannya meluas dari sekadar kotak pencarian kecil ke semacam shortcut untuk mengakses aplikasi, dokumen di dalam hardisk dan bahkan pencarian di Wikipedia, daftar kontak, pesan e-mail dan lain-lain.

TheVerge
Safari, browser bawaan OS X, turut mengalami perubahan dalam OS X Yosemite.
4. Safari

Safari mengalami perubahan, baik tampilan maupun fungsi. Address Bar Safari sekarang akan menampilkan saran, sesuai dengan yang diketikkan pengguna. Bukan hanya dari sejarah browsing, tapi juga artikel Wikipedia atau pencarian Google yang terkait. Safari juga memiliki Tab View, untuk melihat semua Tab yang sedang dibuka.

TheVerge
Mail di OS X Yosemite dilengkapi fitur baru, salah satunya adalah Markup.
5. Mail

Mail diklaim mengalami perubahan mendasar, sehingga bisa memiliki performa yang lebih baik dari versi terdahulu. Selain itu, Mail memiliki fitur Markup yang memungkinkan pengguna mencorat-coret attachment dengan tulisan atau tempelan teks dan gambar, bahkan tandatangan untuk dokumen digital. Mail juga menyediakan fitur MailDrop, untuk mengirimkan file berukuran besar lewat iCloud.

TheVerge
iCloud Drive, layanan Apple yang bakal bersaing dengan Dropbox dan Google Drive.
6. iCloud Drive

Pengembangan dari iCloud ini mau tidak mau akan mengingatkan pada aplikasi Dropbox atau Google Drive. iCloud Drive berfungsi layaknya folder di dalam hardisk, namun letaknya di cloud. File yang disimpan di iCloud Drive bisa diakses dari Mac, iOS dan Windows.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X