AirDrop, Jembatan Antara iOS dan OS X

Kompas.com - 03/06/2014, 13:14 WIB
Apple memperkenalkan OS X Yosemite dalam Worldwide Developer Conference 2014. TheVergeApple memperkenalkan OS X Yosemite dalam Worldwide Developer Conference 2014.
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Apple berusaha membuat penggunanya mudah untuk bertransisi dari satu perangkat Apple dengan perangkat Apple lainnya, atau yang menggunakan sistem operasi Mac dan iOS.

Untuk itu, Apple memperkenalkan beberapa fitur baru seperti AirDrop, Handoff, dan Instant Hotspot. Ketiga fitur baru tersebut makin mempermudah interaksi antar perangkat Apple dan intregrasi lintas platform antara iOS dan OS X.

Fitur AirDrop bisa dipakai untuk mensinkronisasikan file dan komunikasi antara iOS dan OS X, sehingga pengguna bisa berganti dokumen, mail, dan bahkan panggilan telepon.

Sementara itu, tool Handoff yang baru bisa dipakai untuk berganti antara perangkat Mac dan iOS saat bekerja, seperti berganti dari komputer Mac ke iPad sambil mengedit dokumen yang sama secara real time.

Fitur Handoff juga bekerja sebaliknya, dari iOS ke Mac. Sebuah ikon akan muncul di layar lock screen iOS, swipe ikon tersebut dan pengguna bisa langsung bertukar dokumen atau data antara perangkat iOS dan Mac.

Fitur Handoff juga bisa digunakan dengan semua aplikasi Apple, termasuk Safari, Maps, Pages, dan Calendar, atau aplikasi pihak ketiga tertentu yang mendukung.

Perangkat Apple juga bisa menggunakan sensor proximity yang dimiliki untuk mendeteksi jika ada perangkat iOS di dekatnya untuk dijadikan sebagai Personal Hotspot.

Perangkat tersebut kemudian akan muncul di menu WiFi, dan dengan sekali sentuhan, perangkat iOS bisa terhubung dengan Mac dan mulai melakukan tethering. Saat jaringan itu tidak dipakai, maka secara otomatis perangkat akan memutuskan diri.

Fitur-fitur baru yang diperkenalkan Apple tersebut menurut The Verge (2/6/2014) seolah menjadikan perangkat Apple sebagai perpanjangan dari perangkat smartphone-nya. Hal itu sesuai dengan tema "Continuity" yang diusung Apple dalam produk-produk barunya, termasuk sistem operasi.



Sumber The Verge
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X