Kompas.com - 04/06/2014, 14:05 WIB
Presiden Korporat Intel, Renee James. IntelPresiden Korporat Intel, Renee James.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
TAIPEI, KOMPAS.com - Core i7-4790K "Devil's Canyon" merupakan prosesor desktop terbaru dari Intel yang sanggup berjalan pada kecepatan 4 GHz secara default. Chip kelas "enthusiast" ini dihargai lebih mahal dibandingkan model-model lain yang kelasnya dipoisisikan lebih rendah, macam keluarga Core i5, Core i3, dan Pentium.

Core i7-4790K disebut Intel bakal dibanderol sama dengan Core i7-4770K yang digantikannya, yakni pada kisaran Rp 3,9 juta. Di atas Core i7-4790K, Intel juga masih memiliki sejumlah prosesor desktop seri "Ekstrim" yang banderolnya bahkan lebih mahal lagi, bisa mencapai ribuan dollar AS.

Untuk apa sih, prosesor-prosesor mahal tersebut? Ketika ditanya soal itu dalam sesi tanya jawab usai keynote Computex 2014 di Taiwan, Selasa (3/6/2014), Presiden Korporat Intel Renee James menjawab bahwa pihaknya memiliki alasan tersendiri dalam merilis chip high-end yang dihargai selangit.

"Pengguna enthusiast (yang menjadi sasaran prosesor kelas atas Intel) seringkali menjadi pendukung teknologi kami, mereka banyak menanyakan hal-hal seperti overclocking," ujar James.

Informasi-informasi yang diperoleh dari kalangan pengguna yang gemar mengoprek komputer tersebut, lanjut james, bakal menjadi feedback berguna bagi Intel.

"Mereka bahkan bisa bertanya soal sesuatu yang sebelumnya tak pernah terpikirkan oleh kami, seperti kinerja single threading (sebuah prosesor). Nah, itulah antara lain gunanya produk seperti Devil's Canyon," imbuh James.

Maka Intel pun giat merilis prosesor desktop high-end, meski pasar untuk segmen ini bisa dikatakan kecil dibandingkan segmen lain yang lebih umum. Pengguna enthusiast yang sebagian merupakan "overclocker" alias orang yang doyan menggenjot kecepatan prosesor di luar spesifikasi standar, dirangkul lewat penyediaan produk seri khusus (berkode "K") yang memang ditujukan untuk "dioprek".

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Terakhir, di arena Computex 2014, Intel mengadakan kompetisi overclocking di mana para pengguna enthusiast bisa mencicipi kebolehan prosesor Core i7-4790K. "Ini sekalian memberi kesempatan pada produsen motherboard rekanan Intel untuk berpromosi lewat produk kelas atas masing-masing," ujar Product Marketing Engineer Intel, Darrin Lynch.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.