Kompas.com - 05/06/2014, 09:09 WIB
Core i7-4770K sanggup berjalan dengan kecepatan hingga 5,5 GHz hanya dengan bermodal pendingin udara ketika di-overclock. Oik Yusuf/KompasTeknoCore i7-4770K sanggup berjalan dengan kecepatan hingga 5,5 GHz hanya dengan bermodal pendingin udara ketika di-overclock.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
TAIPEI, KOMPAS.com — Core i7-4790K adalah seri prosesor baru dari Intel yang ditujukan untuk kalangan pengguna enthusiast, termasuk overclocker yang gemar memacu kecepatan prosesor di luar batas spesifikasi.

Nah, untuk membuktikan ketangguhan prosesor berkode nama Devil's Canyon tersebut, Intel mengadakan kompetisi overclocking pada ajang Computex 2014 di Taiwan, hari Selasa (3/6/2014) malam.

Para peserta diminta menggenjot frekuensi kerja Core i7-4790K setinggi mungkin. Hasilnya? "Kami memecahkan rekor dunia dan berhasil mencapai kecepatan 5,5 GHz dengan hanya berbekal (pendingin) udara," kata Lisa Graff, Wakil Presiden Grup PC Client Intel, keesokan harinya.

Core i7-4790K sendiri memiliki arsitektur yang sama dengan seri prosesor generasi sebelumnya, Haswell. Meski demikian, Intel mengganti sejumlah komponen lain di luar inti prosesor. "Kami antara lain memuluskan jalur daya dan meningkatkan kualitas penghantar panas memakai polimer thermal interface untuk menaikkan frekuensi," jelas Graff.

Core i7-4790K merupakan cip desktop pertama dari Intel dengan empat inti yang berjalan dengan kecepatan standar sebesar 4 GHz. Prosesor ini memiliki faktor pengali (multiplier) terbuka sehingga mudah di-overclock.

Intel belum mengungkapkan banderol Core i7-4790K, tetapi disebutkan bahwa harga jualnya akan sama dengan prosesor Core i7-4770K yang dihargai sekitar Rp 3,9 juta di pasaran Tanah Air.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.