Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bikin Ponsel Kamera Putar, Mito Ikuti Oppo?

Kompas.com - 05/06/2014, 10:48 WIB
Didit Putra Erlangga Rahardjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Merek ponsel dalam negeri, Mito, merilis seri terbaru mereka yakni A77 di hari pertama perhelatan Indonesia Cellular Show. Fitur yang mencolok dari seri ini adalah kamera yang dapat berputar hingga 200 derajat, sekilas mengingatkan pada ponsel Oppo N1.

Bedanya, Oppo N1 yang rilis setahun lalu masuk dalam kategori premium dengan harga Rp 7 juta, sementara A77 menyasar segmen bawah dengan harga Rp 1,1 juta. Kehadiran A77 boleh jadi mendahului rencana Oppo untuk memperkenalkan N1 Mini secara internasional yang dilakukan pada tanggal 10 Juni mendatang.

Kamera putar yang dimiliki A77 terletak di bagian atas ponsel. Pengguna bisa memutarnya hingga kamera menghadap depan sehingga bisa mengambil gambar dari depan menggunakan resolusi 8 megapiksel. Sesuai namanya A77 Fantasy Selfie, fitur ini dihadirkan Mito dengan harapan penggunanya dimudahkan untuk membuat foto selfie alias foto diri yang diambil secara swadaya.

Fitur serupa juga ditemui pada N1 dan N1 Mini yang sebentar lagi bakal diumumkan. Bedanya, dua seri buatan produsen dari Tiongkok itu memiliki kamera dengan resolusi 13 megapiksel mengusung teknologi N-Lens milik mereka sendiri.

Dengan harga Rp 1,1 juta, Mito menyelipkan prosesor Cortex A7 inti ganda berkecepatan 1,3 gigahertz dengan memory 1 Gigabyte serta penyimpanan internal sebesar 4 Gb. Ukuran layarnya 4,5 inchi dengan resolusi 480x854 piksel, terpaut jauh dari rencana spesifikasi N1 Mini yang bakal memiliki layar sebesar 5 inchi dengan resolusi 720x1280 piksel.

Menurut Product Manager Mito, Ade Azwarsyah, saat ini A77 memiliki versi Android 4.3 atau Jelly Bean tapi dia memastikan bahwa dalam waktu dekat bakal bisa ditingkatkan menjadi 4.4 atau Kitkat.

Sewaktu dijajal, aplikasi kamera langsung terbuka begitu kita memutar lensa menghadap ke pengguna. Fitur standar kamera ada seperti HDR maupun panorama. Yang menarik, Mito menambahkan fitur deteksi wajah yang memungkinkan gambar diambil begitu mendeteksi wajah yang tersenyum, sangat tepat untuk dipakai selfie.

Hanya saja, jeda pengambilan gambar cukup mengganggu sehingga obyek foto harus diam cukup lama selepas bunyi pelepas rana. Bila tidak, gambar akan menjadi kabur.

"Suku cadang untuk kamera putar ini banyak tersedia sehingga konsumen tidak perlu khawatir bila ada kerusakan. Kami sudah mengujinya dengan 1.000 kali putaran dan A77 masih bekerja normal," lanjut Ade. (eld)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com