Kompas.com - 07/06/2014, 15:29 WIB
Eksekutif Foxconn Young Liu (kiri) dan Presiden Korporasi Intel Renee James oik yusuf/ kompas.comEksekutif Foxconn Young Liu (kiri) dan Presiden Korporasi Intel Renee James
Penulis Oik Yusuf
|
EditorAditya Panji
Eksekutif Foxconn Young Liu (kiri) dan Presiden Korporasi Intel Renee James

KOMPAS.com - Sebanyak 40 model tablet Windows dan Android berbasis prosesor Atom dijanjikan bakal hadir di pasar pada tahun 2014. Hal tersebut disampaikan oleh Presiden Korporasi Intel Renee James ketika berbicara dalam sesi Keynote Computex 2014 awal pekan ini.

Dari jumlah tersebut, sebagian di antaranya dibuat oleh raksasa pabrikan Taiwan, Foxconn. "Dalam waktu hanya lima bulan, kemitraan kami sudah berhasil membuahkan sebanyak 10 model tablet yang siap memasuki pasar," kata eksekutif Foxconn Young Liu yang bergabung dengan James di panggung.

Liu menambahkan bahwa jangka waktu tersebut terhitung sangat cepat untuk mengembangkan sepuluh model tablet berbeda. "Rahasia untuk waktu pengembangan yang singkat adalah integrasi secara vertikal," katanya.

Ke-40 perangkat tablet dari Intel itu menggunakan prosesor Atom dari keluarga Bay Trail atau Merrifield. "Kesemuanya sudah mendukung arsitektur 64-bit," kata James.

Llama Mountain dan SoFIA

Intel turut memperkenalkan keluarga prosesor baru bernama Core M yang dirancang untuk perangkat 2 in 1 alias tablet convertible yang bisa ditancapkan ke dock keyboard sehingga bentuknya mirip laptop.

Raksasa chip tersebut memperlihatkan sebuah konsep tablet bernama Llama Mountain yang menggunakan prosesor Core M. Tablet reference design ini tak memiliki kipas (fanless) dan memiliki bentuk fisik yang tipis.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di samping itu, Intel juga mengumumkan pengembangan keluarga prosesor System-on-Chip (SOC) SoFIA yang mengintegrasikan modem 3G dalam satu kemasan chip.

Versi dual-core 3G dari SoFIA yang ditujukan bagi smartphone dan tablet kelas menengah ke bawah dijadwalkan mulai hadir pada kuartal keempat tahun ini. Sementara, varian quad-core dengan koneksi 4G LTE akan menyusul pada paruh pertama 2015.

SoFia akan diproduksi melalui kemitraan dengan pabrikan semi konduktor asal Tiongkok, Rockchip.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.