Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Bulan, Kolaborasi Intel-Foxconn Hasilkan 10 Tablet

Kompas.com - 07/06/2014, 15:29 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Eksekutif Foxconn Young Liu (kiri) dan Presiden Korporasi Intel Renee James

KOMPAS.com - Sebanyak 40 model tablet Windows dan Android berbasis prosesor Atom dijanjikan bakal hadir di pasar pada tahun 2014. Hal tersebut disampaikan oleh Presiden Korporasi Intel Renee James ketika berbicara dalam sesi Keynote Computex 2014 awal pekan ini.

Dari jumlah tersebut, sebagian di antaranya dibuat oleh raksasa pabrikan Taiwan, Foxconn. "Dalam waktu hanya lima bulan, kemitraan kami sudah berhasil membuahkan sebanyak 10 model tablet yang siap memasuki pasar," kata eksekutif Foxconn Young Liu yang bergabung dengan James di panggung.

Liu menambahkan bahwa jangka waktu tersebut terhitung sangat cepat untuk mengembangkan sepuluh model tablet berbeda. "Rahasia untuk waktu pengembangan yang singkat adalah integrasi secara vertikal," katanya.

Ke-40 perangkat tablet dari Intel itu menggunakan prosesor Atom dari keluarga Bay Trail atau Merrifield. "Kesemuanya sudah mendukung arsitektur 64-bit," kata James.

Llama Mountain dan SoFIA

Intel turut memperkenalkan keluarga prosesor baru bernama Core M yang dirancang untuk perangkat 2 in 1 alias tablet convertible yang bisa ditancapkan ke dock keyboard sehingga bentuknya mirip laptop.

Raksasa chip tersebut memperlihatkan sebuah konsep tablet bernama Llama Mountain yang menggunakan prosesor Core M. Tablet reference design ini tak memiliki kipas (fanless) dan memiliki bentuk fisik yang tipis.

Di samping itu, Intel juga mengumumkan pengembangan keluarga prosesor System-on-Chip (SOC) SoFIA yang mengintegrasikan modem 3G dalam satu kemasan chip.

Versi dual-core 3G dari SoFIA yang ditujukan bagi smartphone dan tablet kelas menengah ke bawah dijadwalkan mulai hadir pada kuartal keempat tahun ini. Sementara, varian quad-core dengan koneksi 4G LTE akan menyusul pada paruh pertama 2015.

SoFia akan diproduksi melalui kemitraan dengan pabrikan semi konduktor asal Tiongkok, Rockchip.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com