Tablet SpeedUp Berprosesor Intel Dijual Rp 1 Juta - Kompas.com

Tablet SpeedUp Berprosesor Intel Dijual Rp 1 Juta

Kompas.com - 07/06/2014, 17:02 WIB
Oik Yusuf/Kompas.com
Tablet SpeedUp Pad yang dipamerkan di stan Intel di Computex 2014

KOMPAS.com - Selain meluncurkan jam tangan pintar baru, SpeedUp turut memperkenalkan sebuah produk tablet murah meriah di pameran Computex 2014 di Taipei, Taiwan.

Perangkat bernama SpeedUp Pad ini dibanderol dengan harga yang termasuk sangat murah untuk ukuran sebuah tablet Android 7 inci, yaitu Rp 1 juta.

"Meski dengan harga kisaran 80 dollar AS itu, kami masih bisa memberikan cangkang berbahan metal pada SpeedUp Pad," ujar Wakil Presiden Produk dan Pemasaran Speedup Rahmad Widjaja Sakti ketika ditemui sebelum perkenalan resmi SmartWatch S di stan Intel di pusat eksebisi Nangang, Taipei, Rabu (4/6/2014), seraya menunjukkan bagian belakang tablet yang berlapis aluminium.

Oik Yusuf/Kompas.com
Bagian belakang SpeedUp Pad terbuat dari bahan aluminium

Rahmad mengatakan pihaknya memang sengaja memanfaatkan momentum pameran internasional untuk memperkenalkan produk karena memang mengincar pasar global.  

Sebelumnya, pada akhir Februari lalu, merek lokal Indonesia ini mampir ke Mobile World Congress (MWC) 2014 di Barcelona, Spanyol, untuk memamerkan produk jam tangan pintar buatannya.

Murah karena Intel

Mengapa SpeedUp Pad bisa dibanderol sangat murah? Rahmad mengaku hal tersebut dimungkinkan berkat insentif dari Intel dan kerjasama dengan Foxconn untuk memproduksi tablet dalam jumlah besar yang bisa disalurkan ke banyak negara.

"Faktor terbesar yang menurunkan harga jual ini adalah volume (produksi)," kata Rahmad. Keuntungan lain yang diperoleh SpeedUp, merek lokal ini bisa ikut memajang produk di stan Intel di pameran Computex 2014.

SpeedUp Pad sendiri diperkuat prosesor dual-core Intel Atom Z2520 (CloverTrail+, 1,2 GHz), RAM 1GB, internal storage 8GB, dua unit kamera, dan layar sentuh dengan ukuran 7 inci. Sistem operasi yang digunakan adalah Android 4.4 Kitkat.

Tablet yang tersedia dalam pilihan warna hitam, silver, dan emas ini rencananya akan mulai memasuki pasar global pada Juli mendatang.


PenulisOik Yusuf
EditorAditya Panji

Close Ads X