Kompas.com - 08/06/2014, 09:16 WIB
Penulis Aditya Panji
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Rencana Apple membuat jam tangan pintar (smartwatch) semakin dekat. Sebagai tahap awal, perusahaan itu dilaporkan akan memproduksi 3 juta sampai 5 juta unit jam tangan pintar dan siap dipasarkan pada Oktober 2014.

Media massa Nikkei mendapat informasi itu dari narasumber di lingkungan pemasok komponen jam tangan pintar Apple. Nikkei tidak mengungkap spesifikasi lengkap perangkat keras produk itu, tetapi besar kemungkinan jam tangan pintar Apple memakai layar lengkung berteknologi Organic Light-Emitting Diode (OLED).

Perangkat itu memiliki sensor guna menampilkan data kesehatan pengguna, mulai dari glukosa, konsumsi kalori, hingga aktivitas tidur.

Rumor soal pengembangan produk jam tangan pintar oleh Apple tersiar sejak 2012 dan CEO Apple Tim Cook berjanji akan meluncurkan “produk kategori baru" pada 2014.

Perusahaan itu terus melakukan penelitian dan pengembangan, meskipun para kompetitornya lebih dulu memasarkan produk jam tangan pintar, termasuk Samsung melalui lini produk Galaxy Gear dan Sony dengan Smartwatch.

Google selaku empunya Android, telah membuat sistem operasi khusus untuk perangkat yang bisa dipakai di tubuh manusia (wearable device). Sistem operasi itu diberi nama Android Wear. Beberapa produsen seperti Motorola dan LG menyatakan kesiapannya mengadopsi Android Wear pada produk jam tangan pintar dan dirilis pada akhir 2014.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Sumber Reuters


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.