Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jam Tangan Pintar Apple Meluncur Oktober?

Kompas.com - 08/06/2014, 09:16 WIB
Aditya Panji

Penulis

Sumber Reuters
KOMPAS.com - Rencana Apple membuat jam tangan pintar (smartwatch) semakin dekat. Sebagai tahap awal, perusahaan itu dilaporkan akan memproduksi 3 juta sampai 5 juta unit jam tangan pintar dan siap dipasarkan pada Oktober 2014.

Media massa Nikkei mendapat informasi itu dari narasumber di lingkungan pemasok komponen jam tangan pintar Apple. Nikkei tidak mengungkap spesifikasi lengkap perangkat keras produk itu, tetapi besar kemungkinan jam tangan pintar Apple memakai layar lengkung berteknologi Organic Light-Emitting Diode (OLED).

Perangkat itu memiliki sensor guna menampilkan data kesehatan pengguna, mulai dari glukosa, konsumsi kalori, hingga aktivitas tidur.

Rumor soal pengembangan produk jam tangan pintar oleh Apple tersiar sejak 2012 dan CEO Apple Tim Cook berjanji akan meluncurkan “produk kategori baru" pada 2014.

Perusahaan itu terus melakukan penelitian dan pengembangan, meskipun para kompetitornya lebih dulu memasarkan produk jam tangan pintar, termasuk Samsung melalui lini produk Galaxy Gear dan Sony dengan Smartwatch.

Google selaku empunya Android, telah membuat sistem operasi khusus untuk perangkat yang bisa dipakai di tubuh manusia (wearable device). Sistem operasi itu diberi nama Android Wear. Beberapa produsen seperti Motorola dan LG menyatakan kesiapannya mengadopsi Android Wear pada produk jam tangan pintar dan dirilis pada akhir 2014.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com