Kompas.com - 09/06/2014, 09:21 WIB
Menara base transceiver station (BTS) ShutterstockMenara base transceiver station (BTS)
Penulis Aditya Panji
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Perusahaan telekomunikasi XL Axiata akan memperkuat jaringannya di Jawa Timur, khususnya Madura. Di Madura, XL akan membangun 125 BTS sampai akhir 2014 untuk memperkuat jaringan internet 3G.

XL saat ini memiliki 273 BTS 2G dan 148 BTS 3G di Madura. Jumlah pelanggan XL di sana mencapai 1,3 juta, dengan 25 persen di antaranya adalah pelanggan data.

Vice President East Regional XL, Titus Dondi mengatakan, XL selama ini telah menjadi operator seluler terbaik di Madura. “Jaringan XL telah menjangkau seluruh kabupaten, total lebih dari 90% area di Madura telah terjangkau layanan XL,” kata Titus.

Menjelang momentum Puasa dan Lebaran, XL bakal mengantisipasi lonjakan trafik di seluruh kawasan di Indonesia. Khusus di Madura, perusahaan memprediksi lonjakan trafik bisa mencapai lebih dari 40 persen di bandingkan trafik hari biasa.

“Hal ini bisa terjadi karena Madura merupakan salah satu daerah utama tujuan mudik, selain juga masyarakat Madura merupakan masyarakat Muslim,” lanjut Titus.

Sementara itu, untuk Jawa Timur secara keseluruhan, di tahun 2014 ini XL berencana membangun 125 BTS lagi. Jumlah pelanggan XL di seluruh Jawa Timur mencapai 7,2 juta, atau 63 persen dari total pelanggan regional timur.

Pada saat momentum Puasa dan Lebaran, diprediksi akan terjadi peningkatan trafik layanan rata-rata hingga 20% di seluruh Jawa Timur. XL telah siap untuk meningkatkan kapasitas jaringan.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.