Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Jepang, Turis Dapat Akses Wi-Fi Gratis

Kompas.com - 09/06/2014, 15:40 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber Mashable

KOMPAS.com -- Selama ini, turis yang datang ke kota-kota besar di Jepang akan kesulitan mendapatkan akses Wi-Fi gratis di tempat-tempat publik. Padahal, Jepang dikenal sebagai negara dengan kemajuan teknologinya yang tinggi. Menanggapi kesulitan itu, Pemerintah Jepang pun akan mengubahnya.

Pemerintah Jepang, bekerja sama dengan perusahaan telekomunikasi terbesar di Jepang, NTT, akan menyediakan akses Wi-Fi di berbagai tempat publik, khususnya yang banyak disinggahi turis asing. Mereka bisa mendapatkan akses tersebut hanya dengan dokumen paspor.

Saat pelancong tiba di sebuah bandara di Jepang, mereka bisa menunjukkan paspor dan melakukan registrasi untuk mendapat kartu Wi-Fi. Dengan kartu tersebut, pelancong bisa mendapatkan akses ke jaringan 45.000 Wi-Fi yang tersebar di wilayah timur Jepang.

Dikutip dari Mashable (7/6/2014), wilayah-wilayah yang dijangkau oleh jaringan NTT antara lain Tokyo, Hakone, Gunung Fuji, Yokohama, Nagano, Nikko, Kusatsu, Tohoku, Hokkaido, dan Fukushima.

Untuk mempermudah mencari lokasi titik hotspot tersebut, pelancong bisa mengunduh apikasi Navitime di perangkat Android atau iOS mereka, dan mendaftarkan diri untuk mendapat ID dan password.

Navitime akan menampilkan lokasi titik hotspot dalam mode augmented reality (AR) atau menampilkannya dalam tampilan seperti Google Street View.

Akses Wi-Fi tersebut hanya diberikan oleh NTT kepada satu pengguna dan berlaku selama 14 hari (atau 336 jam), cukup bagi yang hanya ingin singgah sementara, bukan yang ingin menetap dan tinggal lama di Jepang.

Selain itu, Pemerintah Jepang juga sedang berupaya agar lebih banyak lagi gedung-gedung di Jepang dipasangi akses Wi-Fi. Program tersebut mulai diuji coba mulai awal tahun ini dan berlangsung hingga September 2014 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mashable
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com