Kompas.com - 09/06/2014, 15:40 WIB
Akses WiFi gratis di jepang bisa didapat turis dengan menunjukkan passport. flets.comAkses WiFi gratis di jepang bisa didapat turis dengan menunjukkan passport.
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com -- Selama ini, turis yang datang ke kota-kota besar di Jepang akan kesulitan mendapatkan akses Wi-Fi gratis di tempat-tempat publik. Padahal, Jepang dikenal sebagai negara dengan kemajuan teknologinya yang tinggi. Menanggapi kesulitan itu, Pemerintah Jepang pun akan mengubahnya.

Pemerintah Jepang, bekerja sama dengan perusahaan telekomunikasi terbesar di Jepang, NTT, akan menyediakan akses Wi-Fi di berbagai tempat publik, khususnya yang banyak disinggahi turis asing. Mereka bisa mendapatkan akses tersebut hanya dengan dokumen paspor.

Saat pelancong tiba di sebuah bandara di Jepang, mereka bisa menunjukkan paspor dan melakukan registrasi untuk mendapat kartu Wi-Fi. Dengan kartu tersebut, pelancong bisa mendapatkan akses ke jaringan 45.000 Wi-Fi yang tersebar di wilayah timur Jepang.

Dikutip dari Mashable (7/6/2014), wilayah-wilayah yang dijangkau oleh jaringan NTT antara lain Tokyo, Hakone, Gunung Fuji, Yokohama, Nagano, Nikko, Kusatsu, Tohoku, Hokkaido, dan Fukushima.

Untuk mempermudah mencari lokasi titik hotspot tersebut, pelancong bisa mengunduh apikasi Navitime di perangkat Android atau iOS mereka, dan mendaftarkan diri untuk mendapat ID dan password.

Navitime akan menampilkan lokasi titik hotspot dalam mode augmented reality (AR) atau menampilkannya dalam tampilan seperti Google Street View.

Akses Wi-Fi tersebut hanya diberikan oleh NTT kepada satu pengguna dan berlaku selama 14 hari (atau 336 jam), cukup bagi yang hanya ingin singgah sementara, bukan yang ingin menetap dan tinggal lama di Jepang.

Selain itu, Pemerintah Jepang juga sedang berupaya agar lebih banyak lagi gedung-gedung di Jepang dipasangi akses Wi-Fi. Program tersebut mulai diuji coba mulai awal tahun ini dan berlangsung hingga September 2014 mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Mashable
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.