Telkomsel Ingin Raup Pendapatan dari Aplikasi

Kompas.com - 10/06/2014, 15:12 WIB
Tampilan aplikasi Telkomsel Bola Samba di platform Android dan iOS oik yusuf/ kompas.comTampilan aplikasi Telkomsel Bola Samba di platform Android dan iOS
Penulis Aditya Panji
|
EditorWicak Hidayat
JAKARTA, KOMPAS.com - Selain dari layanan data (internet), perusahaan telekomunikasi Telkomsel berusaha meningkatkan pendapatannya dari layanan digital dan aplikasi mobile. Dalam waktu dekat ini, setidaknya ada empat layanan atau aplikasi yang siap diperkenalkan ke publik.

PopCall

Layanan pertama adalah PopCall. Ia memungkinkan pengguna mengirim pesan pop-up yang bersamaan dengan panggilan telepon. Ketika pengguna menelepon ke sebuah nomor, maka di layar ponsel penerima telepon akan muncul pesan teks pop-up yang dibarengi dengan nada dering panggilan tersebut.

Menurut General Manager Mobile News & Directory Telkomsel, Aris Sudewo, layanan ini berguna untuk penelepon yang ingin memberi tahu identitas dirinya kepada si penerima telepon, begitu juga si penerima telepon yang mengetahui siapakah orang di balik nomor telepon yang tak disimpan pada perangkatnya.

Untuk memakai layanan ini pengguna dikenakan biaya Rp 1.650 untuk pemakaian harian, Rp 3.300 untuk mingguan, dan Rp 5.500 untuk bulanan.

HelloDoctor

Layanan kedua yang disiapkan Telkomsel adalah aplikasi HelloDoctor, yaitu sebuah wadah yang memungkinkan pasien berkonsultasi dengan dokter melalui SMS maupun telepon. Aplikasi ini berasal dari Afrika Selatan dan di Indonesia, mereka telah bekerjasama dengan Telkomsel dan Koperasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Telkomsel bakal mendulang pendapatan dari tarif yang dikenakan kepada pelanggan Rp 2.200 untuk pemakaian harian, Rp 15.400 untuk mingguan, dan Rp 55.000 untuk bulanan.

"Jika sudah bayar tarif itu, pengguna tidak lagi dikenakan biaya tambahan untuk SMS ataupun telepon," ujar Aris di sela acara pengujian jaringan jalur mudik kereta api dari Jakarta hingga Surabaya, Senin (9/6/2014).

ZonaGratis

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X