Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telkomsel Ingin Raup Pendapatan dari Aplikasi

Kompas.com - 10/06/2014, 15:12 WIB
Aditya Panji

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain dari layanan data (internet), perusahaan telekomunikasi Telkomsel berusaha meningkatkan pendapatannya dari layanan digital dan aplikasi mobile. Dalam waktu dekat ini, setidaknya ada empat layanan atau aplikasi yang siap diperkenalkan ke publik.

PopCall

Layanan pertama adalah PopCall. Ia memungkinkan pengguna mengirim pesan pop-up yang bersamaan dengan panggilan telepon. Ketika pengguna menelepon ke sebuah nomor, maka di layar ponsel penerima telepon akan muncul pesan teks pop-up yang dibarengi dengan nada dering panggilan tersebut.

Menurut General Manager Mobile News & Directory Telkomsel, Aris Sudewo, layanan ini berguna untuk penelepon yang ingin memberi tahu identitas dirinya kepada si penerima telepon, begitu juga si penerima telepon yang mengetahui siapakah orang di balik nomor telepon yang tak disimpan pada perangkatnya.

Untuk memakai layanan ini pengguna dikenakan biaya Rp 1.650 untuk pemakaian harian, Rp 3.300 untuk mingguan, dan Rp 5.500 untuk bulanan.

HelloDoctor

Layanan kedua yang disiapkan Telkomsel adalah aplikasi HelloDoctor, yaitu sebuah wadah yang memungkinkan pasien berkonsultasi dengan dokter melalui SMS maupun telepon. Aplikasi ini berasal dari Afrika Selatan dan di Indonesia, mereka telah bekerjasama dengan Telkomsel dan Koperasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Telkomsel bakal mendulang pendapatan dari tarif yang dikenakan kepada pelanggan Rp 2.200 untuk pemakaian harian, Rp 15.400 untuk mingguan, dan Rp 55.000 untuk bulanan.

"Jika sudah bayar tarif itu, pengguna tidak lagi dikenakan biaya tambahan untuk SMS ataupun telepon," ujar Aris di sela acara pengujian jaringan jalur mudik kereta api dari Jakarta hingga Surabaya, Senin (9/6/2014).

ZonaGratis

Layanan ketiga adalah ZonaGratis yang menyediakan berbagai konten gratis, mulai dari konten pesan teks, wallpaper, video, MP3, RBT, game, dan aplikasi.

Aris menjelaskan, ZonaGratis ditujukan kepada pelanggan pemula untuk lebih mengenalkan layanan atau aplikasi digital. Telkomsel tidak mengenakan tarif tambahan untuk meningkatkan pendapatan, namun lebih bertujuan menggenjot pemakaian layanan data (internet).

Bola Samba

Aplikasi yang terakhir adalah Bola Samba. Aplikasi khusus Piala Dunia 2014 ini ditujukan kepada para pecinta sepak bola dan bisa diunduh gratis. Ia menyediakan informasi jadwal pertandingan, statistik, klasemen, skor pertandingan, hingga live streaming.

"Kami berharap pemakaian layanan data bisa meningkat dari mereka yang menonton pertandingan secara langsung dari ponsel atau tablet," tambah Aris.

Rencananya, keempat aplikasi ini akan diluncurkan ke publik pada akhir Juni 2014.

Layanan digital merupakan salah satu penopang bisnis utama dalam industri telekomunikasi di masa depan. Di Telkomsel, layanan digital memberi kontribusi 20 persen terhadap total pendapatan sebesar Rp 60 triliun di tahun 2013. Tahun 2014 ini, perusahaan menargetkan pertumbuhan layanan digital bisa mencapai 50 persen.

Saat ini Telkomsel memiliki sekitar 135 juta pelanggan dengan 70 juta di antaranya adalah pelanggan layanan digital.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com