Bobol iPhone Cuma Butuh 5 Detik

Kompas.com - 11/06/2014, 07:31 WIB
Remaja mengecek ponsel mereka 32 kali sehari. BBCRemaja mengecek ponsel mereka 32 kali sehari.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
Ilustrasi

KOMPAS.com — Satu lagi celah keamanan ditemukan pada lockscreen gadget iPhone bikinan Apple. Kali ini, seorang pengguna YouTube dengan akun EverythingApplePro mengungkapkan trik yang hanya butuh waktu “lima detik” untuk menembus layar pengunci ponsel itu.

Namun, sebagaimana dikutip dari The Inquirer, ada kondisi tertentu yang harus dipenuhi untuk melakukan hal tersebut, yakni ponsel yang bersangkutan harus memiliki sebuah missed call di notification center sistem operasi iOS 7.

Apabila syarat itu terpenuhi, maka cukup dengan “membangunkan” iPhone, membuka Control Center, mengaktifkan mode pesawat, lalu membuka Notification Center dan memilih missed call yang ada, seseorang bisa “menembus” pengamanan lockscreen.

Memang, “menembus” di sini dalam artian terbatas karena yang bisa diakses hanya aplikasi yang terakhir dibuka sebelum ponsel dikunci. Namun, tetap saja celah keamanan ini berbahaya karena tetap bisa memberikan jalan ke data penting pemilik iPhone.

Bayangkan kalau yang dibuka terakhir adalah aplikasi penting yang mengandung informasi finansial macam program perbankan atau e-commerce.

EverythingApplePro mengklaim bahwa trik sederhana itu bisa dilakukan di iPhone 5S, 5C, 5, 4S dan 4 yang menjalankan sistem operasi iOS 7.1.1, 7.1.2, 7.1, atau versi sebelumnya. Dia turut menjelaskan langkah-langkah yang diperlukan dalam sebuah video singkat.

Apple belum mengeluarkan pernyataan resmi terkait kelemahan yang ditemukan EverythingApplePro.

Ini bukan kali pertama sebuah celah keamanan ditemukan pada iOS 7. Hanya dalam waktu 72 jam sejak diperkenalkan, sebuah bug berbahaya ditemukan pada fitur Control Center sistem operasi itu. Bulan lalu, ditemukan pula bahwa Siri bisa memberikan “jalan masuk” ke dalam ponsel.


Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X