Kompas.com - 12/06/2014, 07:52 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorAditya Panji
Ilustrasi

KOMPAS.com BlackBerry Messenger atau BBM ternyata masih menjadi aplikasi pesan instan utama bagi sebagian besar pengguna smartphone di Indonesia.

Hal itu diungkap lewat temuan suervei On Device Meter edisi Februari 2014 dari lembaga riset pasar Nielsen, dalam keterangan tertulis yang diterima oleh KompasTekno.

Nielsen menyebutkan bahwa BBM dipakai oleh 79 persen pengguna smartphone Tanah Air untuk chatting. Angka tersebut merupakan yang terbesar di antara aplikasi-aplikasi lain yang sejenis.

Urutan kedua ditempati oleh WhatsApp yang dipakai oleh 57 persen pengguna, disusul oleh Line dengan catatan angka 30 persen.

Durasi pemakaian BBM juga tercatat lebih lama dibandingkan kompetitornya. Pengguna BBM rata-rata menghabiskan waktu 23,3 menit per hari untuk mengobrol lewat aplikasi itu.

Nielsen On Device Meter
Durasi rata-rata pemakaian harian aplikasi-aplikasi chatting oleh pengguna smartphone Indonesia, berdasarkan data Nielsen On Device Meter Februari 2014

Sementara WhatsApp dan Line rata-rata dipakai pengguna selama 6,2 menit dan 5,1 menit setiap harinya.

Nielsen turut mencatat bahwa perangkat BlackBerry masih populer di Indonesia, dengan 34 persen konsumen smartphone Tanah Air menyatakan bahwa BlackBerry sebagai merek favorit. Sebanyak 48 persen mengaku memiliki perangkat BlackBerry.

Keadaan tersebut berbeda dengan negara-negara tetangga, seperti Singapura, Malaysia, Filipina, serta Hongkong dan India, di mana Samsung menjadi merek favorit dan paling banyak dimiliki.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.