Kompas.com - 12/06/2014, 19:00 WIB
|
EditorAditya Panji

KOMPAS.com - Kacamata pintar Google Glass memang mendapat banyak pujian karena kecanggihannya, tetapi juga mendapat kritik keras hingga larangan pemakaian. Kini, bentuk pelarangan terbaru berasal dari jaringan bioskop di Amerika Serikat.

Diberitakan oleh CNet, (10/6/2014), jaringan bisokop besar di AS, Alamo Drafthouse Cinema, baru-baru ini mengeluarkan peraturan bahwa pengunjung dilarang mengenakan kacamata pintar Google itu dalam bisokop.

CEO Alamo rafthouse Cinema, Tim League, mengonfirmasi kabar pelarangan Google Glass tersebut. Melalui akun Twitter-nya, League mengatakan Google Glass resmi dilarang dari auditorium begitu lampu diredupkan dan film diputar.

Apa alasan League sehingga melarang penggunaan Google Glass di jaringan bioskopnya? "Saya telah mencoba Google Glass, saat itu saya sadar akan potensi pembajakan yang bisa terjadi dari dalam bioskop," ujar League.

"Setelah itu saya belum mengambil keputusan, sampai pada awal bulan ini saya melihat ada yang memakainya di bioskop," imbuh League.

League mengatakan, kekhawatiran utamanya adalah petugasnya tidak bisa mengetahui apakah kacamata itu diaktifkan atau tidak. "Saya sadar betul bahwa teknologi terus berkembang dan perangkat seperti ini bisa menggantikan kacamata biasa di masa mendatang," ujarnya.

Pembajakan memang menjadi isu utama yang dihadapi Google Glass dalam bioskop, walau perangkat ini sebenarnya memiliki daya baterai yang tidak lama, sehingga tidak mungkin penggunanya dapat merekam seluruh film.

Kasus Google Glass yang dilarang dalam bioskop sebelumnya juga pernah terjadi. Awal tahun ini, seorang pria digelandang keluar dari bioskop di Ohio, AS, lalu diinterogasi setelah ia kedapatan mengaktifkan Google Glass saat film ditayangkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber CNET
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.