Apple Sembunyikan Fitur "Split Screen" di iOS 8

Kompas.com - 13/06/2014, 14:25 WIB
Antarmuka sistem operasi Apple iOS 8 sudouest.frAntarmuka sistem operasi Apple iOS 8
|
EditorAditya Panji

KOMPAS.com - Apple dilaporkan menambahkan fitur split screen pada sistem operasi mobile terbaru iOS 8, yang memungkinkan pengguna membuka dua aplikasi dalam satu tampilan layar. Meskipun Apple belum secara resmi mengumumkannya, namun fitur itu ditemukan oleh seorang pengembang aplikasi.

Pengembang bernama Steve Troughton-Smith, menggali kode dan menemukan bahwa tampilan ukuran aplikasi di iOS 8 pada iPad bisa diubah-ubah menjadi hanya tiga perempat, setengah, atau bahkan seperempat layar iPad.

Namun, kemampuan mengecilkan layar aplikasi itu hanya bisa dilakukan saat iPad dalam mode landscape (horisontal), tidak dalam mode portrait (vertikal). Belum pasti apakah Apple sengaja melakukannya atau itu adalah bug dalam iOS 8.

Dengan menggunakan sapuan dua jari, Troughton-Smith mendemonstrasikan bagaimana cara mengecilkan ukuran layar aplikasi di perangkat iPad seperti diperagakan dalam video berikut ini.

Walau animasinya belum mulus, namun fakta ini menunjukkan bahwa Apple sedang menguji coba agar tablet iPad bisa digunakan untuk multitasking, dan bersaing dengan tablet Surface buatan Microsoft.

Selain itu, dalam video tersebut juga tidak diperlihatkan apakah dua aplikasi benar-benar bisa berjalan secara berdampingan.

Besar kemungkinan fitur split screen tersebut tidak diluncurkan dalam waktu dekat, seperti rumor yang diberitakan situs teknologi 9to5Mac pada awal tahun ini.

Yang jelas, Apple telah membenamkan kode program untuk fitur split screen pada iOS 8. Dan jika Apple terus mengembangkannya, bisa jadi fitur tersebut akan tersedia di iPad generasi berikutnya. Apple juga dikabarkan bakal mendorong pengembang untuk membuat aplikasi yang bisa ditampilkan dalam beragam ukuran secara otomatis.

 



Sumber The Verge
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X