Microsoft Ingin Baterai Ponsel Tahan Seminggu

Kompas.com - 13/06/2014, 18:08 WIB
|
EditorAditya Panji

KOMPAS.com — Vendor-vendor smartphone memiliki pekerjaan rumah yang besar, yaitu membuat baterai yang mampu bertahan satu atau dua hari. Microsoft tampaknya tertantang dan mengatakan akan membuat smartphone dengan daya tahan baterai hingga seminggu.

Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi prosesor, layar dan komponen smartphone lainnya, perkembangan teknologi baterai selama ini berjalan lambat.

Dikutip dari BGR, teknologi smartphone akan berkembang lebih jauh dibanding saat ini jika permasalahan baterai tersebut sudah bisa diatasi dari dulu.

Namun, menurut riset yang dilakukan Microsoft, baterai tak bisa begitu saja dijadikan sebagai kambing hitam. Microsoft lebih menekankan agar vendor smartphone membuat hardware dan software yang bisa menghemat daya baterai.

"Anda tak bisa menunggu hingga ada teknologi yang baru untuk baterai," ujar peneliti di Microsoft, Ranveer Chandra, dalam ajang Digital Summit yang diselenggarakan di San Francisco, Senin (9/6/2010).

"Kita tidak bisa maju karena sistem yang dipakai saat ini tidak bisa menggunakan daya baterai secara pintar," imbuh Chandra.

Menurut dia, kemampuan hardware telah meningkat sangat cepat dalam beberapa tahun belakangan ini, sementara kapasitas baterai dalam menyimpan energi secara efisien hanya bertambah dua kali lipat selama 15 tahun terakhir.

Tim peneliti di Microsoft saat ini sedang melakukan optimalisasi hardware dan software agar baterai smartphone bisa bertahan lebih lama lagi, bahkan hingga satu minggu. Salah satu metode yang digunakan adalah membuat sistem baru dengan dua baterai kecil.

Selain smartphone, perangkat-perangkat lain diharapkan juga bisa mendapatkan manfaat dari penelitian ini, termasuk wearable device atau perangkat yang bisa dipakai di tubuh manusia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber BGR
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.