Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tokopedia Sediakan Aplikasi di Android

Kompas.com - 14/06/2014, 18:14 WIB
KOMPAS.com - Ketatnya persaingan di industri e-commerce Indonesia membuat para pelaku bisnis harus terus menghadirkan inovasi dan langkah strategis demi bisa memenangkan pasar. Salah satu situs marketplace lokal terkemuka Tokopedia meluncurkan aplikasi mobile untuk platform Android yang telah lama dinantikan oleh konsumennya. Menggunakan aplikasi ini, seluruh fitur Tokopedia bisa diakses oleh penjual dan pembeli melalui perangkat ponsel.

Ini merupakan aplikasi mobile Tokopedia yang kedua setelah tahun lalu meluncurkan aplikasi mobile untuk perangkat BlackBerry 10. Kini Tokopedia mencoba merambah pasar yang lebih luas dengan meluncurkan aplikasi resmi Tokopedia khusus Android. Langkah ini tidak mengherankan karena platform buatan Google ini merupakan platform yang paling pesat pertumbuhan dan penggunaannya saat ini di Indonesia.

Seperti diumumkan lewat blog resminya, aplikasi Tokopedia menawarkan berbagai kemudahan yang fokus untuk memberikan kemudahan akses seluruh fungsionalitas Tokopedia yang ditambah dengan kemampuan perangkat smartphone seperti misalnya: fitur Push Notification, unggah foto produk langsung dari kamera, scan resi pengiriman, hingga kemudahan untuk berbagi tautan ke berbagai layanan jejaring sosial. Seluruh kemudahan itu diklaim bisa dinikmati oleh seluruh pengguna baik itu penjual maupun pembeli.

Bagi pembeli, aplikasi Tokopedia menawarkan kemudahan berbelanja dengan lengkap. Hal ini dapat dilihat melalui tampilan halaman awal aplikasi Tokopedia yang langsung menampilkan jajaran berbagai jenis top list produk yang disediakan oleh sejumlah penjual. Fitur pencarian produk bisa membantu pengguna untuk menemukan barang yang diinginkan terdapat dalam 22 kategori produk.

Dengan merambah ke pangsa pasar Android yang populer di Indonesia, Tokopedia siap bersaing dengan marketplace kompetitor macam BukaLapak,Tokobagus (sekarang berubah nama menjadi OLX), hingga Kaskus yang telah lebih dahulu menyediakan aplikasi di platform Android.

Apa yang dilakukan Tokopedia untuk memacu pertumbuhan bisnisnya adalah tepat untuk menjaring potensi konsumen yang mengakses layanannya melalui platform mobile. Sejumlah layanan e-commerce mengakui bahwa kehadiran aplikasi mobile memacu peningkatan penjualan produknya dan itulah yang dikejar oleh Tokopedia yang sampai sekarang belum mengenakan pembiayaan bagi penjual yang berjualan melalui platform-nya.

Disclosure: Artikel ini sebelumnya telah dimuat di DailySocial.net. DailySocial.net merupakan salah satu rekanan sindikasi konten dari KompasTekno.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com