Tokopedia Sediakan Aplikasi di Android

Kompas.com - 14/06/2014, 18:14 WIB
Aplikasi Tokopedia di Android TokopediaAplikasi Tokopedia di Android
EditorOik Yusuf
KOMPAS.com - Ketatnya persaingan di industri e-commerce Indonesia membuat para pelaku bisnis harus terus menghadirkan inovasi dan langkah strategis demi bisa memenangkan pasar. Salah satu situs marketplace lokal terkemuka Tokopedia meluncurkan aplikasi mobile untuk platform Android yang telah lama dinantikan oleh konsumennya. Menggunakan aplikasi ini, seluruh fitur Tokopedia bisa diakses oleh penjual dan pembeli melalui perangkat ponsel.

Ini merupakan aplikasi mobile Tokopedia yang kedua setelah tahun lalu meluncurkan aplikasi mobile untuk perangkat BlackBerry 10. Kini Tokopedia mencoba merambah pasar yang lebih luas dengan meluncurkan aplikasi resmi Tokopedia khusus Android. Langkah ini tidak mengherankan karena platform buatan Google ini merupakan platform yang paling pesat pertumbuhan dan penggunaannya saat ini di Indonesia.

Seperti diumumkan lewat blog resminya, aplikasi Tokopedia menawarkan berbagai kemudahan yang fokus untuk memberikan kemudahan akses seluruh fungsionalitas Tokopedia yang ditambah dengan kemampuan perangkat smartphone seperti misalnya: fitur Push Notification, unggah foto produk langsung dari kamera, scan resi pengiriman, hingga kemudahan untuk berbagi tautan ke berbagai layanan jejaring sosial. Seluruh kemudahan itu diklaim bisa dinikmati oleh seluruh pengguna baik itu penjual maupun pembeli.

Bagi pembeli, aplikasi Tokopedia menawarkan kemudahan berbelanja dengan lengkap. Hal ini dapat dilihat melalui tampilan halaman awal aplikasi Tokopedia yang langsung menampilkan jajaran berbagai jenis top list produk yang disediakan oleh sejumlah penjual. Fitur pencarian produk bisa membantu pengguna untuk menemukan barang yang diinginkan terdapat dalam 22 kategori produk.

Dengan merambah ke pangsa pasar Android yang populer di Indonesia, Tokopedia siap bersaing dengan marketplace kompetitor macam BukaLapak,Tokobagus (sekarang berubah nama menjadi OLX), hingga Kaskus yang telah lebih dahulu menyediakan aplikasi di platform Android.

Apa yang dilakukan Tokopedia untuk memacu pertumbuhan bisnisnya adalah tepat untuk menjaring potensi konsumen yang mengakses layanannya melalui platform mobile. Sejumlah layanan e-commerce mengakui bahwa kehadiran aplikasi mobile memacu peningkatan penjualan produknya dan itulah yang dikejar oleh Tokopedia yang sampai sekarang belum mengenakan pembiayaan bagi penjual yang berjualan melalui platform-nya.

Disclosure: Artikel ini sebelumnya telah dimuat di DailySocial.net. DailySocial.net merupakan salah satu rekanan sindikasi konten dari KompasTekno.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.