Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Pasar Smartphone Terbesar di Asia Tenggara

Kompas.com - 15/06/2014, 11:23 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Indonesia menjadi pasar penjualan smartphone terbesar di wilayah Asia Tenggara. Indonesia pun menjadi pasar smartphone dengan pertumbuhan paling pesat.

Hal itu terungkap dari riset terbaru yang dirilis oleh lembaga riset GfK, seperti diberitakan oleh The Next Web. Menurut riset tersebut, pada kuartal pertama 2014, Indonesia memiliki pertumbuhan pasar dari tahun ke tahun sebesar 68 persen.

Total smartphone yang terjual di Tanah Air mencapai 7,3 juta unit, atau dua per lima dari jumlah total penjualan di Asia Tenggara.

Dibandingkan dengan negara di Asia Tenggara lainnya, seperti Vietnam dan Thailand, prestasi keduanya mengekor di belakang Indonesia dengan pertumbuhan pasar masing-masing 59 dan 45 persen per tahun.

Karena itu, di ajang pameran seluler Indonesia Cellular Show 2014 pekan lalu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyampaikan keyakinannya bahwa proyeksi pertumbuhan sektor transportasi dan komunikasi di Indonesia akan tetap mengalami pertumbuhan sekitar 10,2 persen tahun ini.

Sementara itu, Kemenkominfo menyatakan tahun 2013 lalu total penjualan smartphone di Indonesia mencapai 14,8 juta unit dengan total transaksi 3,33 miliar dollar AS atau sekitar Rp 39,2 triliun.

Smartphone memang menjadi perangkat yang paling populer di Asia Tenggara. Banyak orang yang mulai beralih dari feature phone ke smartphone. Pada Maret 2014, tercatat 55 persen dari penjualan handset di Asia Tenggara adalah perangkat smartphone.

Tingginya pertumbuhan penjualan di Asia Tenggara juga disebut Gfk buah dari makin banyaknya perangkat smartphone murah yang dijual di bawah harga 100 dollar AS. Kontribusi nilai penjualan dari perangkat murah tersebut sebesar 30 persen untuk pasar smartphone di Asia Tenggara.

Hal yang sama juga terjadi di pasar phablet atau perangkat dengan ukuran layar di atas 5,9 inci hingga 6,9 inci. GfK mencatat perangkat perpaduan antara smartphone dan tablet ini makin populer di Asia Tenggara. Lebih dari 1,1 juta unit phablet telah terjual dalam kuartal pertama 2014 dengan nilai transaksi 567 juta dollar AS.

Malaysia dan Indonesia menjadi dua pasar terbesar untuk kategori perangkat phablet. Tak heran jika CEO BlackBerry, John Chen memproyeksi perangkat phablet BlackBerry menjadi motor pendorong pendapatan perusahaan tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com