Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Irak Blokir Facebook, Twitter, YouTube, dan Google

Kompas.com - 15/06/2014, 13:15 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Pemerintah Irak melalui Kementerian Komunikasi pada Jumat (13/6/2014) memblokir sejumlah situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter. Situs berbagi video, YouTube dan halaman pencarian Google juga dilaporkan tidak bisa diakses.

Menurut laporan Digital Trends, hal tersebut terpaksa dilakukan oleh pemerintah Irak menyusul makin tingginya aktivitas kelompok radikal Irak, ISIS, yang menggunakan media-media tersebut sebagai alat propaganda.

ISIS adalah gerakan radikal di Irak yang bercita-cita mendirikan pemerintahan sendiri. Hingga saat ini, kelompok tersebut telah menguasai beberapa kota di Irak seperti Mosul, Falluja, dan Ramadi.

Belum diketahui apakah pemblokiran tersebut berlaku di seluruh Irak atau hanya di Ibukota Baghdad saja.

Facebook telah mengeluarkan pernyataan resminya terkait pemblokiran ini. Dikutip daru VentureBeat, Facebook mengatakan keberatan atas pemblokiran di Irak dan sedang melakukan investigasi.

Menurut Facebook, pembatasan akses internet kini menjadi perhatian masyarakat global. Pembatasan tersebut juga disebut bisa mengganggu aktivitas komunikasi dan kegiatan e-commerce dari jutaan orang.

Sementara juru bicara Google untuk YouTube mengaku telah mengetahui pemblokiran ini. "Kami menerima laporan dari beberapa pengguna bahwa mereka tidak bisa mengakses YouTube di Irak. Tidak ada kendala teknis dari sisi kami, dan kami sedang memantau perkembangan situasi di sana."

Jejaring sosial juga menjadi alat propaganda untuk menggalang massa. Tak heran jika Facebook dan Twitter sering mengalami pemblokiran di negara-negara Timur Tengah, seperti Iran pada tahun 2009 lalu.

Facebook baru-baru ini juga dilaporkan menghadapi masalah sensor di negara Mesir, Maroko, Siria, dan Iran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com