Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bikin Panas, Charger iPhone Ditarik Apple

Kompas.com - 16/06/2014, 09:05 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber BGR

KOMPAS.com - Apple menarik sejumlah aksesori pengisi ulang daya baterai (charger) untuk perangkat iPhone di 37 negara, termasuk Indonesia. Hal tersebut dilakukan Apple setelah muncul indikasi bahwa charger tersebut cacat produksi dan bisa membahayakan penggunanya.

Dalam website resmi Apple, Apple menjelaskan bahwa beberapa model charger yang saat ini beredar memiliki risiko overheat (kepanasan) saat digunakan, dan membahayakan penggunanya.

Walau Apple mengatakan kejadian overheat tersebut jarang, mereka memutuskan untuk mengambil langkah aman dengan menarik aksesoris charger tersebut. Pengguna bisa membawa charger mereka ke Apple Retail Store dan mendapatkan gantinya secara gratis.

Adapun model charger yang disinyalir memiliki risiko tersebut di atas adalah charger dengan nomor Model A1300. Charger model tersebut dikemas bersamaan dengan iPhone 3GS, iPhone 4, dan iPhone 4S. Charger tersebut juga dijual secara terpisah.

Namun, dikutip dari BGR (13/6/2014), charger yang dikemas dengan model-model iPhone terbaru tidak memiliki masalah overheat ini.

Sebelumnya banyak laporan tentang baterai iPhone yang meledak atau terbakar saat diisi ulang. Kasus seperti itu bahkan sampai memakan korban jiwa. Namun saat itu Apple mengatakan penggunaan aksesoris non-original sebagai biang keladinya.

Apakah keputusan recall charger iPhone tersebut adalah hasil investigasi Apple setelah banyak kejadian iPhone yang terbakar atau meledak saat diisi ulang?

Sayangnya, Apple tidak merinci secara jelas mengapa bisa sampai pada kesimpulan bahwa charger-charger tersebut berpotensi overheat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BGR

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com