Bikin Panas, Charger iPhone Ditarik Apple

Kompas.com - 16/06/2014, 09:05 WIB
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Apple menarik sejumlah aksesori pengisi ulang daya baterai (charger) untuk perangkat iPhone di 37 negara, termasuk Indonesia. Hal tersebut dilakukan Apple setelah muncul indikasi bahwa charger tersebut cacat produksi dan bisa membahayakan penggunanya.

Dalam website resmi Apple, Apple menjelaskan bahwa beberapa model charger yang saat ini beredar memiliki risiko overheat (kepanasan) saat digunakan, dan membahayakan penggunanya.

Walau Apple mengatakan kejadian overheat tersebut jarang, mereka memutuskan untuk mengambil langkah aman dengan menarik aksesoris charger tersebut. Pengguna bisa membawa charger mereka ke Apple Retail Store dan mendapatkan gantinya secara gratis.

Adapun model charger yang disinyalir memiliki risiko tersebut di atas adalah charger dengan nomor Model A1300. Charger model tersebut dikemas bersamaan dengan iPhone 3GS, iPhone 4, dan iPhone 4S. Charger tersebut juga dijual secara terpisah.

Namun, dikutip dari BGR (13/6/2014), charger yang dikemas dengan model-model iPhone terbaru tidak memiliki masalah overheat ini.

Sebelumnya banyak laporan tentang baterai iPhone yang meledak atau terbakar saat diisi ulang. Kasus seperti itu bahkan sampai memakan korban jiwa. Namun saat itu Apple mengatakan penggunaan aksesoris non-original sebagai biang keladinya.

Apakah keputusan recall charger iPhone tersebut adalah hasil investigasi Apple setelah banyak kejadian iPhone yang terbakar atau meledak saat diisi ulang?

Sayangnya, Apple tidak merinci secara jelas mengapa bisa sampai pada kesimpulan bahwa charger-charger tersebut berpotensi overheat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber BGR



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.