Panasonic Bikin Kamera "Compact" untuk Video 4K

Kompas.com - 16/06/2014, 10:12 WIB
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Tren perekaman video dalam kamera digital single lens reflex (DSLR) sudah lama diperkenalkan dan banyak diadopsi oleh konsumen. Tren perekaman video tersebut kini mengarah ke suatu hal yang baru, yaitu perekaman video dalam resolusi 4K (empat kali Full HD).

Panasonic coba menjawab tren perekaman video 4K tersebut, bukan dengan kamera DSLR, melainkan dengan kamera compact.

Perusahaan asal Jepang itu meluncurkan kamera Lumix FZ1000 yang diklaim sebagai kamera compact pertama yang mendukung perekaman video 4K. Namun, sebutan compact rasanya tidak pas untuk kamera ini, sebab FZ1000 terlihat mengusung desain kamera DSLR yang cenderung besar.

FZ1000 memiliki ukuran sensor 1 inci yang diharapkan bisa meningkatkan performa kamera dalam kondisi remang. Selain itu, mesin gambar Venus buatan Panasonic juga diharapkan bisa meminimalkan bintik gambar dalam pemotretan di tempat yang kekurangan cahaya.

Lensa dengan jarak fokus 25-400 mm (setara 35 mm) dipasangkan Panasonic dalam FZ1000. Lensa ini tergolong cepat, sebab memiliki bukaan f/2,8 - 4. Dengan jangkauan zoom optik 16x , perekaman video menjadi lancar berkat bantuan kontrol 5-speed dalam lensa.

Fitur perekaman videonya sendiri selain mampu merekam resolusi 4K layaknya Lumix GH4, juga memungkinkan untuk merekam video dalam resolusi Full HD 1080p.

Panasonic melengkapi FZ1000 dengan layar LCD 3 inci yang bisa diputar 180 derajat dan dilipat 280 derajat, baik dalam posisi vertikal maupun horisontal. Hal ini berguna untuk pengguna dalam melihat pembingkaian foto dalam sudut yang susah.

Sayangnya, Panasonic membatasi kecepatan perekaman 4K hanya sebatas 30 fps. Untuk mendapatkan kecepatan perekaman yang lebih tinggi, pengguna bisa mengandalkan resolusi Full HD 1080p yang bisa merekam dalam 60 fps.

Fitur peredam guncangan juga tidak didukung saat merekam video 4K. Fitur itu hanya ada ketika pengguna merekam video dalam modus Full HD 1080p.

Sebagai pemanis, Panasonic menyertakan efek-efek video yang terdapat dalam modus Creative Video. Dalam modus ini, pengguna akan mendapati fitur seperti perekaman cepat 120 fps, time lapse, atau stop motion animation.

Mengikuti tren mobile, FZ1000 juga memiliki konektivitas NFC dan Wi-Fi. Dengan kedua fitur tersebut, pengguna bisa mentransfer foto ke smartphone atau menggunakannya sebagai remote shutter.

Diberitakan oleh The Verge (12/6/2014), Panasonic FZ1000 mulai dijual di bulan Juli secara global dengan banderol harga 899,99 dollar AS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber The Verge


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.