Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/06/2014, 11:15 WIB
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com — Sebuah smartphone biasanya terinfeksi malware karena sumber dari pihak luar. Namun, baru-baru ini ditemukan smartphone Android yang memiliki malware dari pabrik perakitnya di Tiongkok.

Star N9500, smartphone Android layar 5 inci dengan prosesor quadcore, diberitakan Phone Arena, Minggu(15/6/2014), memiliki malware berupa trojan "Uupay.D". Trojan tersebut berperan layaknya Google Play Store, yaitu mengumpulkan dan menyalin data pribadi penggunanya.

Selain itu, mikrofon dalam smartphone juga akan menyiarkan panggilan telepon penggunanya beserta percakapan ke pendengar lain. Sementara itu, layanan SMS akan dikenai biaya yang lebih mahal.

Star N9500 saat ini dilaporkan Phone Arena masih terdapat di situs eBay dan dijual dengan harga sekitar 202 dollar AS. Perangkat tersebut hingga saat ini telah terjual sebanyak 55 unit.

Seorang peneliti keamanan di Kaspersky mengatakan kepada Phone Arena bahwa Star N9500 tampaknya menjadi perangkat yang digunakan untuk melakukan program spionase.

Oleh karena itu, pengguna disarankan untuk membeli smartphone dari vendor-vendor yang telah dipercaya dan memiliki reputasi yang baik.

Walau demikian, ancaman malware tetap tidak akan hilang. Smartphone masih bisa terserang malware, terutama jika menggunakan aplikasi yang diunduh dari sumber yang tidak jelas.

Sistem operasi Android memang menjadi target empuk penyebar malware karena dipakai secara luas di masyarakat. Awal tahun ini saja, diperkirakan ada sekitar 97 persen malware yang target utamanya adalah smartphone Android.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.