Kompas.com - 16/06/2014, 15:56 WIB
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Sebagai vendor smartphone Android terbesar saat ini, Samsung memiliki strategi dengan membanjiri pasar dengan perangkatnya, mulai dari segmen low-end hingga premium. Tak heran jika perusahaan asal Korea Selatan tersebut telah memiliki portfolio lebih dari 100 model smartphone Android hingga kini.

Walau sebenarnya produsen pembuat smartphone Android pertama adalah HTC (HTC Dream, 2008) namun Samsung kini mengungguli vendor Taiwan tersebut di pasar ponsel dunia.

Smartphone Android Samsung yang pertama baru muncul pada Juni 2009 yang diberi nama Samsung Galaxy (seri i7500). Sebagai moyang dari semua smartphone Android Samsung, smartphone tersebut saat itu menjalankan versi Android 1.5 Cupcake dengan RAM 128 MB dan prosesor Qualcomm MSM7200A 528 MHz dan mengususng layar 3,2 inci resolusi HVGA saja.

Setelah itu, Samsung konsisten meluncurkan deretan smartphone Android terbarunya tiap tahun. Model smartphone premium yang pertama dikenalkan adalah pada paruh pertama 2010 lalu dengan Galaxy S (model i9000).

Kini generasi smartphone premium Samsung dengan brand Galaxy S telah mencapai generasi ke-lima, Galaxy S5. Smartphone tersebut pada Mei 2014 lalu juga berhasil memecahkan rekor pengapalan 10 juta unit dalam 25 hari saja.

Semenjak merilis smartphone Android pertamanya itu, dikutip dari Phone Arena (15/6/2014), ternyata Samsung telah membuat lebih dari 100 model smartphone Android. Jumlah tersebut belum termasuk variasi dari model yang sama.

Hasil penghitungan Phone Arena menyebutkan model smartphone Android Samsung saat ini mencapai 114 jenis yang berbeda.

Jika Anda penasaran dengan jumlah smartphone Android yang telah dibuat Samsung, Anda bisa mengeceknya melalui situs Phone Arena dan melakukan penghitungan sendiri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.