Kompas.com - 17/06/2014, 08:26 WIB
Penulis Aditya Panji
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Teknologi internet mobile generasi keempat (4G) sudah di depan mata, akan tiba saatnya industri telekomunikasi mengadopsi internet mobile generasi kelima (5G). Dan, Eropa ingin tetap memimpin di garis terdepan.

Komisi Eropa pada Senin (16/6/2014) mengumumkan perjanjian kerjasama mengembangkan teknologi 5G dengan Korea Selatan, negara yang menjadi rumah bagi perusahaan teknologi Samsung dan LG.

Berdasarkan kerja sama itu, Eropa dan Korea Selatan "akan bekerjasama mencari definisi global tentang teknologi 5G." Keduanya juga mencoba untuk memanfaatkan spektrum frekuensi yang sama.

Bukan hanya itu, Eropa dan Korea Selatan bakal melakukan penelitian dan pengembangan terkait teknologi komputasi awan (cloud computing) dan teknologi lain yang berhubungan dengan internet.

Jaringan mobile di masa depan diproyeksi akan semakin memanfaatkan komputasi awan, dan karena itulah, perlu akses internet yang lebih cepat untuk menghubungkan pengguna dengan data yang disimpannya.

Komisaris bidang digital Komisi Eropa, Neelie Kroes, berpendapat bahwa 5G akan menjadi darah baru bagi ekonomi digital dan masyarakat digital.

"Eropa dan Korea Selatan menyadari hal itu. Ini adalah pertama kalinya otoritas publik telah bergabung bersama dengan cara seperti ini, dengan dukungan dari industri swasta, untuk mendorong majunya proses standardisasi. Deklarasi hari ini merupakan komitmen kami untuk menjadi pemimpin digital secara global," katanya seperti dikutip dari GigaOm.

Perusahaan teknologi di negara lain tentu tak ketinggalan mengembangkan teknologi 5G dan mencari definisi atas 5G itu sendiri. Upaya pengembangan juga dilakukan oleh Huawei asal Tiongkok, NTT DoCoMo asal Jepang, hingga Intel dari Amerika Serikat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber GigaOM


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.