Kompas.com - 17/06/2014, 09:28 WIB
Gambar sensor kamera melengkung dari Sony SonyGambar sensor kamera melengkung dari Sony
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - April lalu, Sony diketahui sedang mengembangkan teknologi sensor kamera melengkung yang meniru bentuk retina mata manusia.

Perlahan-lahan bentuk sensor tersebut mulai terkuak, seperti nampak dalam gambar yang dilansir oleh PetaPixel di atas.

Mengapa harus melengkung? Salah satu tantangan terbesar dalam mendesain lensa kamera adalah bidang proyeksi yang rata pada sensor atau film.

Padahal, seharusnya bidang tersebut berbentuk melengkung mengikuti arah proyeksi cahaya seperti pada retina di mata manusia.

Kualitas proyeksi cahaya pada sensor pun bervariasi. Area tengah (center) mendapat kualitas/ ketajaman terbaik, sementara daerah pinggiran cenderung lebih gelap dan buram.

Nah, dengan membuat sensor yang derajat lengkungannya sama dengan retina mata, Sony mengklaim bahwa masalah tersebut bisa dihilangkan.

Sensitivitas terhadap cahaya dapat ditingkatkan hingga 1,4 kali di area tengah proyeksi. Sementara, sensitivitas di area pojokan frame (corner) bisa ditingkatkan hingga dua kali, sambil menekan noise yang muncul akibat sinyal listrik di sensor.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut kabar, Sony menyiapkan dua versi dari sensor melengkung ini. Satu versi berukuran 11mm dan diperuntukkan bagi perangkat mobile, lainnya berukuran 43mm (full-frame) untuk digunakan di kamera digital.

Salah satu produk pertama yang kabarnya bakal dibekali sensor melengkung ini adalah kamera RX2, dipadu sebuah lensa 35mm f/1.8.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber PetaPixel
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.