Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PS4 dan Xbox One Dapat Saingan Baru

Kompas.com - 17/06/2014, 11:06 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Xbox One dan PlayStation 4 (PS4) mendapat saingan baru di ruang tamu berupa konsol game "Alpha" dari Alienware, produsen yang terkenal dengan produk-produk gaming PC buatannya.

Meski berbentuk konsol game, Alpha yang diluncurkan Alienware pada ajang konferensi game E3 minggu lalu ini memiliki banyak kemiripan dengan PC desktop.

Komponen hardware Alpha mencakup prosesor Intel Core i3 "Haswell", RAM 4GB, hard drive 500GB, dukungan Wi-Fi 802.11ac, Bluetooth 4.0, keluaran HDMI, port gigabit ethernet, dan dua buah port USB 3.0.

Unit pengolah grafisnya menggunakan GPU "Maxwell" besutan NVIDIA yang memiliki dedicated RAM sebesar 2GB. Sebuah controller game yang dicomot dari Xbox 360 melengkapi Alpha.

"Tujuan kami adalah membawa PC gaming ke ruang tamu," ujar Direktur Eksekutif Divisi PC Gaming Alienware, Frank Azor, yang dikutip oleh Venture Beat.

Berbasis Windows

Ketika pertama  diperkenalkan pada CES 2014 awal Januari lalu, Alienware bermaksud menjalankan sistem operasi Steam OS pada Alpha. Namun rencana itu urung dijalankan karena kemunculan Steam OS ditunda hingga 2015.

Alpha pun mengusung sistem operasi Windows 8.1 sebagai gantinya. "Kami memberikan solusi pengalaman Windows yang hebat untuk TV. Ini dirancang untuk ruang keluarga," lanjut Azor.

Alpha rencananya akan mulai dikapalkan pada kuartal keempat tahun ini. Harganya dipatok sebesar 550 dollar AS, atau lebih mahal 50 dollar dibandingkan konsol game Xbox One yang dibekali controller Kinect.

Meski demikian, Azor optimis harga tersebut layak dibayarkan untuk konsol game buatannya. "Sulit mencari mesin yang setanding atau mengalahkannya untuk harga ini," katanya.

Alienware juga memberikan opsi kustomisasi, di mana pengguna bisa mengganti prosesor dengan model Core i5 atau Core i7, serta meningkatkan kapasitas RAM dan hard disk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com